Wednesday 18 November 2015

LATIHAN UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMA


LATIHAN UJIAN NASIONAL SMA

1.    Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Perpustakaan elektronik (PE) adalah suatu entitas yang sudah lama diprediksi, tetapi inovasi untuk membuatnya menjadi kenyataan baru terjadi beberapa tahun terakhir. Walaupun PE adalah suatu kenyataan, tetapi PE adalah suatu konsep yang tersebar yang dimanifestasikan dalam bentuk yang berbeda-beda. Para profesional dan pengguna menyadari pentingnya PE, tetapi PE mengandung ketidakpastian yang berkaitan dengan maknanya terhadap kebudayaan, pembelajaran, demokrasi, perdagangan, pekerjaan, dan masyarakat pada umumnya.
Ide pokok paragraf tersebut adalah …
A.    Memprediksi perpustakaan elektronik (PE).
B.    Perpustakaan elektronik merupakan inovasi.
C.    Inovasi perpustakaan elektronik baru terwujud.
D.    Perpustakaan elektronik merupakan konsep yang manifestasinya berbeda-beda.
E.    Para profesional dan pengguna menyadari pentingnya PE.

2.    Bacalah hikayat di bawah ini dengan saksama!
Indraputera, putra Maharaja Bikrama Puspa adalah seorang putera yang sangat arif bijaksana, lagi terlalu perkasa dan saktinya. Tetapi nasibnya mula-mula tidak seberapa mujur. Semasa masih kecil, ia telah diterbangkan oleh seekor merak emas. Ia jatuh di suatu taman dan dipelihara oleh nenek kebayan. Sesudah beberapa lama ia diangkat menjadi anak perdana menteri.
Tersebutlah perkataan Raja Syahsian tiada mempunyai seorang anak. Pada suatu hari baginda pergi berburu dan melihat seekor kijang menangisi ibunya yang telah dipanah mati. Baginda terharu dan ingin berputera. Kemudian terdengar khabar bahwa di sebuah gunung yang jauh ada tinggal seorang maharesi pertapa yang terlalu sakti, Berma Sakti namanya. Barangsiapa ingin beranak boleh meminta obat daripadanya. Akan tetapi, karena tempat gunung terlalu jauh dan harus melewati hutan rimba yang penuh dengan binatang buas, tiada seorang pun yang sanggup pergi ke gunung itu. Indraputera menawarkan diri untuk pergi ke gunung itu.
Karakteristik hikayat di atas adalah …
A.    istana sentris, dewa-dewa
B.    istana sentris, pralogis
C.    kesaktian, dewa-dewa
D.    dewa-dewa, kemustahilan
E.    arkais, logis

3.    Inti cerita di atas adalah …
A.    Maharaja Bikrama memiliki seorang putra bernama Indraputera
B.    Maharaja Bikrama Puspa adalah seorang raja yang arif dan sakti
C.    Perjalanan Raja Syahsian mencari obat agar dianugerahi anak.
D.    Perjalanan hidup Indraputera yang sangat arif bijaksana, perkasa, dan sakti
E.    Kehebatan Berma Sakti yang terkenal

4.    Nilai sosial yang terdapat pada kutipan cerita di atas adalah …
A.    Kesaktian seorang pangeran
B.    Karakter Indraputera yang arif dan bijaksana
C.    Anak kijang yang menangisi ibunya yang mati terpanah
D.    Baginda terharu melihat anak kijang lalu ingin berputera
E.    Maharesi pertapa yang sakti dan suka menolong

5. Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Wak Katok suka meminjamkan senapannya kepada Buyung karena dia tahu Buyung senang dengan senapan dan selalu menjaga dan membersihkannya dengan baik. Tiap kali setelah Buyung meminjamnya maka selalu senapan dikembalikan jauh lebih bersih dan diminyakinya pula. Buyung akan menggosok laras senapan berulang-ulang, beratus kali hingga laras besi bersinar biru tua berkilauan ditimpa cahaya.
Nilai moral yang terdapat dalam penggalan cerita di atas adalah …
A.    suka menolong
B.    bertanggung jawab
C.    mencintai barang yang dimiliki
D.    percaya diri
E.    senang meminjam barang

6.     Bacalah penggalan cerita  di bawah ini dengan saksama!
Pak Haji, Sanip, Sutan, Buyung, dan Wak Katok pun tidur gelisah. Meskipun mereka memicingkan mata, akan tetapi pikirannya tak berhenti. Ketukan Pak Balam terhadap hati nurani mereka masih berkumandang juga di dalam relung hati dan pikirannya, bergema ke bawah sadar. Pak Balam sendiri pun, entah karena lukanya, entah karena hatinya, tidur lebih gelisah lagi …
Unsur intrinsik yang dominan dalam kutipan di atas adalah …
A.    penokohan
B.    latar waktu
C.    konflik
D.    sudut pandang
E.    amanat

7.  Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Terdengar bunyi langkah di beranda muka, kemudian suara mengucapkan, “Selamat malam.” Kus terkejut, sebab suara itu dikenalnya, dr. Hamzah. “Selalu saja ia memburu aku. Apa pula teorinya sekali ini.” Didengarnya dr Hamzah dengan orang tuanya bercakap-cakap dan sekali-sekali kedengaran namanya disebut meskipun kurang jelas benar percakapan itu ke kamarnya. Akhirnya Kus hendak serta duduk di sana. “Jangan-jangan yang tidak-tidak nanti dibicarakannya tentang aku.”
Latar kutipan cerita di atas adalah …
A.    rumah sakit
B.    Rumah dr. Hamzah
C.    rumah Kus
D.    kamar Kus
E.    ruang praktik dokter

8.    Sudut pandang cerita di atas adalah …
A.    orang pertama pelaku utama
B.    orang pertama pelaku sampingan
C.    orang ketiga pelaku utama
D.    orang ketiga serba tahu
E.    orang ketiga terbatas

9.     Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!
(1)    Katakan, uang adalah kebutuhan dan uang adalah bagian hidup yang tak bisa dilepaskan dari setiap orang.
(2)    Membiasakan diri mengelola keuangan sejak dini akan sangat membantu seorang wanita kelak setelah dia dewasa.
(3)    Karenanya, anak perempuan perlu belajar mengelola keuangan.
(4)    Termasuk belajar cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
(5)    Tapi tak perlu disampaikan bahwa uang adalah kunci kebahagiaan, atau sebaliknya, uang adalah sumber kejahatan.
Kalimat-kalimat di atas dapat diurutkan sehingga membentuk paragraf padu dengan susunan …
A.    (1),(3),(4),(2),(5)
B.    (2),(3),(4),(5),(1)
C.    (3),(2),(1),(5),(4)
D.    (4),(3),(2),(1),(5)
E.    (5),(4),(3),(2),(1)

10.   Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Di dalam kehidupan masyarakat tradisional Jawa dikenal istilah sambatan. Sambatan merupakan  seejnis kegiatan gotong royong yang bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Biasanya pekerjaan yang dilakukan dengan gotong royong adalah membangun rumah. Tetangga kanan kiri berdatangan tanpa diundang untuk membantu membangun rumah tersebut. … Semua itu dilakukan dengan sukarela.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A.    Mereka tidak diupah, hanya mendapat makan dan minum.
B.    Mereka mendapatkan upah sekadarnya dari tuan rumah.
C.    Mereka mendapatkan upah layaknya tukang batu.
D.    Mereka menapatkan upah layaknya upah pada umumnya.
E.    UMR (upah minimum regional) patokan upahnya.

11. Cermatilah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Pesatnya perkembangan iptek telah menggugah keingintahuan masyarakat terhadap sains. Untuk itu, tidaklah mengherankan jika media massa terus … memenuhi kebutuhan pembacanya akan sajian-sajian iptek. Dengan intensitas dan visi yang berbeda-beda, setiap media akan … tulisan-tulisan iptek sesuai dengan selera pembacanya. Namun, dalam fungsinya sebagai media massa, tentulah tulisan-tulisan tersebut … dengan bahasa dan gaya popular penulisan.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A.    dicoba, mensajikan, mentampilkan
B.    menyoba, menyaji, menampilkan
C.    mencoba, menyajikan, ditampilkan
D.    mencoba, menyajikan, menampilkan
E.    mencobakan, disajikan, ditampilkan

12.   Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Datuk Maringgih adalah saudagar tua yang sangat kaya. Tetapi, kekayaannya tidak dinikmatinya. Karena ia …, termasuk kepada dirinya sendiri. Ia tinggal di sebuah rumah tua yang kondisinya sudah tidak layak huni. Badannya …, tidak terurus karena kebakhilannya. Untuk membeli sesuatu, selalu dipertimbangkannya baik untuk kebutuhan pakaian maupun makanan. Kesenangannya hanya mengumpulkan uang. Ia lebih mencintai harta daripada orang tuanya, anak-istrinya, teman, dan sanak saudaranya. Dalam memperoleh harta benda, ia … berbuat hina dan melakukan segala cara.
Frasa adjektif yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A.    sangat kaya, gemuk sekali, tidak senang
B.    sangat senang, pelit sekali, kurang baik
C.    sangat kikir, sangat kurus, tidak malu
D.    sangat bakhil, kurang ramah, tidak malu
E.    sangat picik, sangat langsing, kurang baik

13.   Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Pak Haji dihormati orang di kampung … umurnya dan hajinya. …, orang kampung kurang mengerti dia. ... dia pulang dari pengembaraannya ke dunia luar, seakan dia mengasingkan diri. Dia tak hendak menikah … dipaksa-paksa oleh keluarganya.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A.    sebab, tetapi, ketika, meskipun
B.    karena, akan tetapi, sejak, meskipun
C.    karena, tapi, sejak, tetapi
D.    sebab, akan tetapi, karena, walaupun
E.    sebab itu, sedangkan, sejak, walaupun

14. Untuk mengembangkan topik pembinaan keamanan lingkungan RT menjadi tulisan yang runtut, disusunlah kerangka sebagai berikut…
    1)    sasaran pembinaan keamanan lingkungan RT
2)    pentingnya pembinaan keamanan lingkungan RT
3)    langkah pembinaan keamanan lingkungan RT
4)    bentuk pembinaan keamanan lingkungan RT
Urutan kerangka yang paling tepat untuk tema karangan eksposisi tersebut adalah …
A.    2-1-4-3
B.    1-2-3-4
C.    4-3-2-1
D.    2-3-1-4
E.    1-4-2-3

15. Bacalah penggalan hikayat di bawah ini dengan saksama!
Syahdan akan permaisuri Kuripan pun ingin rasanya ia hendak berputera laki-laki yang baik parasnya. Maka kata Permaisuri, “Kakang Aji ingin pula rasanya kita ini peroleh anak.”
Maka kata Nata, “Sungguh seperti kata Tuan, Kakanda pun demikian juga. Bila gerangan Kakang ini beroleh putera dengan Yayi akan jadi ganti Kakanda di dalam dunia ini, kalau-kalau kita berdua dikehendaki Sang Yang Sukma, kembali ke kayangan.”
Maka kata Permaisuri, “Kakang Aji marilah kita memuja pada segala dewa-dewa memohon kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewata mulia akan seorang anak.”
Isi cerita kutipan di atas adalah …
A.    Permaisuri Kuripan menginginkan seorang anak.
B.    Keinginan Raja Kuripan untuk segera mendapatkan penggantinya.
C.    Permohonan Permaisuri Kuripan kepada dewa.
D.    Raja dan Permaisuri Kuripan menginginkan seorang anak.
E.    Raja Kuripan merasa akan segera dikehendaki Sang Yang Sukma.

16.    Nilai kehidupan yang tersirat dalam cerita di atas adalah …
A.    nilai moral
B.    nilai agama
C.    nilai sosial
D.    nilai pendidikan
E.    nilai budaya

17. Bacalah kutipan cerita berikut ini!
Ketika matahari telah sampai pada titik pertengahannya, waktu aku sedang mengangkuti tempat nasi, dan piring-piring dari dapur ke meja makan untuk persiapan makan siang kami, dari jalan protokol sana aku mendengar suara sirine meraung-raung. Kalau di Jakarta, aku kenali suara itu sebagai tanda ada kebakaran atau ada pembesar lewat. Tetapi di sini aku belum tahu sebagai tanda apa.
Latar waktu dalam cerita di atas adalah …
A.    pagi hari
B.    siang hari
C.    sore hari
D.    senja hari
E.    saat sirine meraung-raung


18. Bacalah kutipan cerita berikut ini!
Bangkai-bangkai burung kesayangan Atik telah kuambil, kukubur dengan segala dedikasi. Kurungan-kurungan telah kubersihkan. Dan sayu aku teringat, betapa sayang si Atik kepada burung-burungnya.
Watak tokoh aku dalam cerita di atas dideskripsikan melalui …
A.    pikiran tokoh
B.    tingkah laku tokoh
C.    dialog antartokoh
D.    perasaan tokoh
E.    reaksi tokoh lain

19. Perhatikan kutipan pantun berikut ini!
Asam kandis asam gelugur
Ketiga asam riang-riang
Menangis mayat di pintu kubur
Teringat badan tidak sembahyang
Maksud isi pantun di atas adalah …
A.    Manusia akan menangis saat dibangkitkan dalam kubur
B.    Jika tidak rajin sembahyang akan menangis di pintu kuburan
C.    Jika tidak pernah sembahyang kelak akan menyesal di alam kubur
D.    Orang-orang menangisi mayat yang dibawa ke pintu kubur
E.    Setiap orang akan mati maka harus belajar sembahyang

20.  Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Jika diumpamakan permata … . Namun, jika diibaratkan gadis, pesonanya laksana perawan kencur. Maklum, karena Pulau Nusa Penida yang terletak di sebelah selatan Pulau Bali itu memiliki hamparan pantai berpasir putih kekuning-kuningan. Dari Denpasar, Nusa Penida bisa ditempuh 1,5 jam setelah melalui jalur darat dan menumpang kapal motor sekitar 36 menit dari Pelabuhan Padangbai.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskriptif di atas adalah …
A.    Indahnya Pantai Nusa Penida seperti butir pasir di laut.
B.    Keelokan Nusa Penida laksana surga di khatulistiwa.
C.    Pesona Pantai Nusa Penida bak mutiara.
D.    Keindahan Pantai Nusa Penida ibarat bidadari turun dari kahyangan.
E.    Indahnya Pantai Nusa Penida laksana dewa dewi surga turun ke dunia.

21. Bacalah penggalan editorial di bawah ini dengan saksama!
(1)Tidak terlihat upaya konkret pada pihak terkait hingga saat ini untuk menghentikan perusakan hutan. (2)Semua pihak berpikir dengan kebutuhan jangka pendek masing-masing, tanpa memikirkan masa depan anak cucu umat manusia. (3)Tampaknya kepentingan sesaat atas kekayaan ternyata mampu menutupi mata mereka akan keluhuran alam yang harus dipelihara, dilindungi, dan dipenuhi kebutuhannya untuk tidak dihancurkan. (4) Dengan demikian, tampaknya ke depan perlu ada perubahan mendasar dalam cara berpikir manusia. (5) Lingkungan perlu dipandang sebagai sahabat yang harus diperhatikan, dilindungi, dan dilestarikan.
Opini penulis editorial di atas terdapat pada kalimat nomor …
A.    (1) dan (2)
B.    (1) dan (3)
C.    (2) dan (3)
D.    (2) dan (4)
E.      (4) dan (5)

22. Bacalah kutipan resensi berikut ini!
Cerita ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalah yang aktual dan sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya dapat diterima akal sehat serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan secara panjang lebar karakter tokoh-tokohnya. Jadi, ceritanya tidak kabur. Sayang, pengarang sering mengulang-ulang kisah yang porno. Dalam satu buku, mungkin lebih dari empat kisah.
Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan buku adalah …
A.    Cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan.
B.    Karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang.
C.    Pengarang menghidupkan cerita dengan cerita porno dan mengulanginya.
D.    Cerita diungkapkan seperti lazimnya cerita yang lain.
E.    Kebosanan dapat diatasi oleh pembaca buku ini.


Thursday 12 November 2015

Anjuran Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar

Nama    : Yuli Untari
No        : 24
Kelas     : XII IIS 3

Teks berita
Anjuran Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar

JAKARTA- Berdoa merupakan hal yang penting bagi semua orang terutama umat yang beragama walaupun demikian diluar sana orang yang tak beragamapun juga berdoa. Berdoa juga menjadikan seseorang lebih percaya dengan apa yang mereka lakukan dan mengharapkan sesuatu yang lebih baik.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meluruskan beberapa argumen yang mengenai rencana evaluasi tata cara berdoa di sekolah. Hal ini didasarkan karena zaman yang semakin modern in para siswa mulai meninggalkan budaya-budaya positif seperti berdoa sebelum dann sesudah belajar. Ia mengatakan, ingin mewacanakan agar anak-anak sekolah di dalam negeri dididik untuk lebih religius. Antara lain, dengan membuka dan menutup proses belajar mengajar dengan doa.
"Kita menganjurkan agar sekolah itu dimulai dengan doa diakhiri dengan doa. Ini baru wacana, dan kita ingin ini didorong," kata Anies kepada ROL, Selasa (9/12).

Mengenai doa yang akan digunakan, Anies menyebut, itu bukan domian pemerintah. Kementerian akan terlebih dahulu mendiskusikan hal ini kepada kementerian agama.Ia membantah ide ini bertujuan untuk mengurangi dominasi satu agama di sekolah. Ia hanya menginginkan agar buka dan tutup proses belajar mengajar dihiasi denga doa.

"Di situ letak masalahnya. Pernyataan saya dianggap seakan-akan kita yang ngatur akan gunakan doa dari agama apa. Itu jelas-jelas bukan domainnya kita tapi di kementerian agama," ujar mantan rektor Universitas Paramadina itu.

Anies mengaku heran dengan pihak-pihak yang menjadikan wacana ini menjadi sebuah kabar miring. Seharusnya sebagai umat yang beragama kita harus mendukung wacana tersebut dengan menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/12/09/ngbfgw-soal-doa-di-sekolah-ini-klarifikasi-anies-baswedan

Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar Efektif.


 Nama : Yuyun Nur Azizah A
Kelas/ No.abs : XII IPS 3/ 25

Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar Efektif.

    JAKARTA - Pendidikan karakter pendidikan yang mengarahkan siswa tidak hanya mendapatkan poin nilai. Namun mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab dalam belajar. Pendidikan karakter inilah yang juga berperan dalam memacu belajar efektif pelajar.

Banyak para pelajar terutama pelajar SMA yang belajar mati-matian tetapi belum merasa mendapatkan hasil yang maksimal. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, utamanya mungkin belum menjalani pola belajar efektif. Nate kornell, seorang professor psikologi kognitif menegungkapkan, “ Terkadang orang memiliki kebiasaan buruk yang justru melemahkan bahkan merusak kemampuannya belajar efektif.” Ungkap Nate kornell.

Banyak orang terutama pelajar yang cepat merasa puas terhadap sesuatu yang dicapainya, ini merupakan salah satu penghalang untuk menjadi seorang pembelajar efektif. Padahal, seorang dapat dikatakan sebagai pemebelajar efektif ketika ia mau terus belajar tanpa batasan ruang waktu. Nate kornell juga  menambahkan ,“Setidaknya ada 3 poin untuk menjadi pembelajar yang efektif yaitu, bertahan pada ketidaknyamanan, hindari belajar sks (sistem kebut semalam), mencari benang merah.” Kata Nate.

Di kesempatan lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memaparkan ada lima fase pembelajaran guna meraih hasil yang baik, maksimal dan tentunya efektif. “ Fase pembelajarannya adalah kita ajarkan, kita biasakan, didisiplinkan sehingga menjadi kebiasaan, dan terakhir karena sudah terbiasa menjadi kebudayaan,” ujar Anies di Kemendikbud.

 Fase tersebut harus dijalankan secara bertahap, tidak bisa berlompat. Selain menerapkan lima fase tersebut sekolah hendaknya memperhatikan pendidikan karakter. “ Proses menumbuhkan karakter perlu memperhatikan tiga hal yaitu intrakulikuler, ekstrakulikuler dan non kulikuler.” Ujar Anies. Anies juga menambahkan, pada pendidikan karakter ini, ada pembelajaran budi pekerti, karakter positif serta karakter moral.

Keberhasilan pendidikan karakter ini akan mepengaruhi kualitas moral, mental seseorang. Efektif belajar siswa akan berhasil jika di imbangi dengan pendidikan karakter yang akan merubah cara pikir dan perilaku seseorang. Di sinilah terlihat bahwa pendidikan karakter juga berperan dalam mewujudkan keefektifan belajar siswa.

Sumber :
news.okezone.com
Anies Baswedan
Nate Kornell

Friday 30 October 2015

Contoh Lomba Baca Puisi "Aku" milik Chairil Anwar

Puisi Chairil Anwar : "Aku"

Kalau sampai waktuku
'Ku mau tak seorang, 'kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

Contoh baca puisinya Klik tautan INI

Sunday 25 October 2015

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER SEMESTER 1 kelas 12 TAHUN PELAJARAN 2015/2016


advertise


Advertise


SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran    :  Bahasa Indonesia
Kelas            :  XII MIPA/IPS
Hari, Tanggal      :  Selasa, 13 Oktober 2015
Waktu          :  09.30-11.00

Pilihlah salah satu jawaban yang Anda anggap paling tepat dengan cara memberikan tanda hitam (menghitamkan) pada Lembar Jawab Komputer Anda!

1.    Struktur teks cerita sejarah orientasi terdapat dalam teks berikut ini ….
A.    Hari buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa Negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.
B.    Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Demonstrasi menjalar ke berbagai kota, seperti Chicago, New York, Detroit, Loisville, dan Baltimore. …
C.    Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri  ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh seluruh dunia. …
D.    Delapan jam per hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. …
E.    Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu, tdak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. …






2.    Simaklah kutipan cerita sejarah berikut dengan baik! (untuk soal no. 2-4)
Delapan jam per hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.
Kutipan tersebut merupakan struktur …
A.    orientasi
B.    peristiwa
C.    sumber
D.    reorientasi
E.    kesimpulan

3.    Ide pokok yang terdapat dalam kutipan paragraf tersebut adalah ….
A.    Konvensi tersebut merupakan pengakuan internasional yang tak langsung.
B.    Penetapan 8 jam per hari merupakan ketentuan pokok perburuhan.
C.    Delapan jam per hari ditetapkan menjadi  standar perburuhan oleh ILO.
D.    Kaum buruh akan mendapatkan pekerjaan yang layak untuk hidup.
E.    Industry perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa.

4.    Berikut ini merupakan deretan nomina yang tepat….
A.    perburuhan, pengakuan, pekerjaan, perjuangan
B.    perburuhan, berakhirnya, pekerjaan, perjuangan
C.    perburuhan, pengakuan, bersembunyi, perjuangan
D.    perburuhan, merupakan, pekerjaan, perjuangan
E.    perburuhan, pengakuan, pekerjaan, ditetapkannya

5.    Simaklah kutipan kalimat berikut! (untk soal no. 5-6)
Penetapan 8 jam per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.
Kalimat tersebut jika diuraikan menurut jabatannya adalah ….
A.    SPO
B.    SPOK
C.    SP
D.    PS
E.    SPK

6.    Kata “penetapan” merupakan bentuk ….
A.    konfiks
B.    simulfiks
C.    afiks
D.    sufiks
E.    infiks

7.     “Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19”.
Jika diperhatikan konjungsinya pernyataan tersebut merupakan kalimat ….
A.    simpleks
B.    kompleks
C.    imperatif
D.    interogatif
E.    tak langsung

8.    Simaklah kutipan teks cerita sejarah berikut dengan saksama!
FIFA WORLD CUP
…..
ECAFE dibentuk pada 28 Mei 1947 yang kemudian diubah menjadi ESCAP (Economic Commission for Asia and the Far East), Colombo plan, dan KAA (Konferensi Asia Afrika)

Peristiwa Pembentukan ASEAN
….
Hingga batas akhir pendaftaran,  FIFA tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa. Bahkan, pada dua bulan sebelum Piala Dunia digelar, pesertanya masih berjumlah sembilan Negara.
Perbedaan isi pada kedua teks tersebut adalah ….
A.    Wacana pertama membicarakan perubahan nama dari ESCAP menjadi ECAFE; sedang wacana kedua membahas tentang FIFA yang tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran.
B.    Wacana pertama membicarakan perubahan nama dari ECAFE menjadi ESCAP; sedang wacana kedua membahas tentang FIFA yang telah menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran.
C.     Wacana pertama membicarakan perubahan nama dari ECAFE menjadi ESCAP; sedang wacana kedua membahas tentang FIFA yang menerima beberapa konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran.
D.    Wacana pertama membicarakan perubahan nama dari ESCAP menjadi ECAFE; sedang wacana kedua membahas tentang FIFA yang tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran.
E.    Wacana pertama membicarakan perubahan nama dari ECAFE menjadi ESCAP; sedang wacana kedua membahas tentang FIFA yang tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran.

9.    Perhatikan kutipan berikut kemudian susunlah menjadi sebuah paragraf yang padu! (9-10)
(1)    Di setiap generasi, selalu saja muncul gelombang penggemarnya. (2) Salah satu kompetisi akbar yang sayang untuk dilewatkan adalah Piala Dunia. (3) Baik itu dipandang sebagai olahraga kesukaan maupun sekadar tontonan untuk hiburan, sepak bola tidak pernah habis untuk dinikmati. (4) Pesona sepak bola sebagai salah satu olahraga paling top sejagat memang tak pernah pudar.
Paragraf yang kohesif dan koheren terdapat dalam ….
A.    (1), (2), (3), (4)
B.    (1), (2), (4), (3)
C.    (4), (1), (3), (2)
D.    (4), (1), (2), (3)
E.    (4), (2), (1), (3)

10.    “Di setiap generasi, selalu saja muncul gelombang penggemarnya”.
Analisis kalimat tersebut yang sesuai dengan jabatannya adalah  sebagai berikut …
A.    KSP
B.    KPS
C.    KKS
D.    SPK
E.    SKP

11.    Bacalah kutipan teks berikut dengan baik!
Lagu Indonesia Raya, lagu kebangsaan Bangsa Indonesia,  berkumandang dua kali di Stadion Tianhe.
Kalimat tersebut terdapat nomina ….
A.    koordinatif
B.    modifikatif
C.    apositif
D.    majemuk
E.    menambahkan
12.    Kalimat yang terdapat pada nomor 11, terdapat frasa sejumlah ….
A.    1
B.    2
C.    3
D.    4
E.    5

13.    Simaklah kutipan kalimat berikut! (untuk soal no. 13-14)
Hadiah Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat.
Frasa nomina modifikatif terdapat dalam ….
A.    Hadiah Nobel
B.    setiap tahun
C.    kepada ilmuwan
D.    telah melakukan
E.    ke masyarakat

14.    Kelompok kata “telah melakukan” merupakan frasa ….
A.    kata kerja apositif
B.    kata kerja endosentrik
C.    keta kerja eksosentrik
D.    nomina modifikatif
E.    nomina apositif

15.    Simaklah kalimat berikut ini!
Mereka pasti membuat karya yang lebih baik lagi pada tahun mendatang.
Dalam kalimat tersebut terdapat kata kerja ….
A.    apositif
B.    modifikatif
C.    koordinatif
D.    menambahkan
E.    memilih

16.    Simaklah kalimat berikut!
Orang itu merusak dan menghancurkan tempat tinggalnya sendiri
Dalam kalimat tersebut terdapat verba ….
A.    apositif
B.    modifikatif
C.    koordinatif
D.    menambahkan
E.    memilih

17.    Bacalah kutipan paragraf cerita sejarah berikut dengan saksama! (untuk soal no.17-18)
Mata uang rupiah bukanlah satu-satunya mata uang yang pernah berlaku di Indonesia. Kerajaan Mataran lama, Sriwijaya, dan Majapahit telah mengenal dan menggunakan berbagai tipe “uang” yang umumnya berupa logam. Setelah kedatangan penjajah di Indonesia pun, Indonesia telah mengenal berbagai macam mata uang, termasuk sen dan gulden yang diterbitkan oleh De Javasche Bank khusus untuk dipergunakan di Hindia Belanda (Indonesia saat itu).
Struktur dalam kutipan teks tersebut adalah ….
A.    orientasi
B.    peristiwa
C.    reorientasi
D.    sumber berita
E.    abstraksi

18.    Ciri bahasa yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah terdapat ….
A.    verba modifikatif
B.    verba apositif
C.    nomina koordinatif
D.    nomina apositif
E.    verba koordinatif

19.    Bacalah kutipan teks berikut dengan baik!
Ia mengatakan, penelitian membutuhkan waktu yang cukup panjang dan biaya tak sedikit. Ratusan dokter juga telah mengikuti diklat saintifikasi jamu. Para dokter ini kemudian bisa praktik di klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medikus tersebut. Di klinik ini para dokter akan meresepkan jamu pada pasien yang umumnya mengeluhkan sakit hepertensi, radang sendi, dan penyakit degeneratif. Jika penyakitnya cukup kompleks, pasien akan dirujuk ke rumah sakit.
Kutipan tersebut merupakan struktur ….
A.    peristiwa
B.    latar belakang peristiwa
C.    sumber
D.    orientasi
E.    reorientasi




20.    Simaklah kalimat berikut!
“Saya berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, dan teknologi tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai perjalanan.”
Pada kalimat langsung tersebut terdapat ciri bahasa ….
A.    pronmina persona
B.    pronominal penunjuk
C.    verba pewarta
D.    verba verbal
E.    verba modifikatif

21.    Bacalah kalimat berikut!
Kecepatannya 505 kilometer per jam
Pernyataan tersebut merupakan ….
A.    kalimat kompleks
B.    kalimat interogatif
C.    kalimat imperatif
D.    klausa
E.    kelompok kata

22.    Perhatikan kalimat berikut!
Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy sedang ke Gunung Fuji.
Pada kalimat tersebut jika  dianalisis menurut fungsinya adalah ….
A.    SP
B.    SKP
C.    SPK
D.    SPO
E.    SOP

23.    Simaklah kalimat berikut!
Kereta api ini canggih sekali.
Pada kalimat tersebut jika  dianalisis menurut fungsinya adalah ….
A.    SK
B.    SO
C.    SP
D.    PS
E.    OS

24.    Bacalah kutipan teks berikut dengan baik!
Sampai jauh malam setelah pengumuman turun tahta raja itu pada Senin, ribuan orang memenuhi Lapangan Puerta Del Sol, Madrid. Serangkaian demonstrasi juga diadakan di kota-kota besar di seluruh negeri.
Struktur teks dalam kutipan tersebut merupakan ….
A.    orientasi
B.    peristiwa
C.    sumber berita
D.    latar cerita
E.    abstraksi

25.    Kelompok kata “di seluruh negeri” merupakan jenis frase ….
A.    nomina
B.    verba
C.    preposisional
D.    adverbial
E.    subjektif


26.    Simaklah kutipan berita berikut!
Pemerintah Spanyol, Selasa (3/6), memulai penggantian raja untuk pertama kalinya dalam sejarah pasca Franco. Sementara ribuan orang anti kerajaan turun ke jalan di seluruh negeri mengimbau diadakannya referendum mengenai kerajaan.
Struktur teks dalam kutipan tersebut merupakan ….
A.    orientasi
B.    peristiwa
C.    sumber berita
D.    latar cerita
E.    abstraksi

27.    Bacalah kutipan berikut dengan teliti!
“Mereka telah menabrak kapal-kapal Pemerintah Tiongkok sebanyak 1.416 kali,” ungkap pernyataan tertulis Kemlu RRT, Senin (9/6).
Kata “menabrak” merupakan jenis verba….
A.    apositif
B.    modifikatif
C.    koordinatif
D.    intransitif
E.    transitif

28.    Kalimat langsung dalam kutipan tersebut mempunyai ciri bahasa ….
A.    verba apositif
B.    verba modifikatif
C.    verba koordinatif
D.    verba intransitif
E.    verba transitif

29.    Simaklah kalimat berikut!
Abi dan Kennedy memulai perjalanan mereka dari Stasiun Yamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji
Frase “dari Stasiun Yamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji” merupakan kelompok kata ….
A.    nomina
B.    verba
C.    ajektif
D.    adverbia
E.    konjungsi
30.    Frase “di dekat Gunung Fuji” merupakan kelompok kata ….
A.     nomina
B.    verba
C.    ajektif
D.    adverbia
E.    konjungsi
31.    Perhatikan kutipan kalimat berikut ini!
Dia mengangkat kursi itu tanpa bantuan saya.
Frase “tanpa bantuan saya” merupakan kelompok kata ….
A.    keterangan penyerta
B.    keterangan tujuan
C.    ketarangan syarat
D.    keteangan alat
E.    keterangan waktu
32.    Bacalah kalimat berikut dengan baik!
Siswa yang mempunyai rata-rata nilai 8 mendapat biasiswa.
Pada kalimat tersebut terdapat keterangan ….
A.    tujuan
B.    syarat
C.    aposisi
D.    pewatas
E.    penyerta

33.    Bacalah kutipan kalimat berikut!
Siswa kelas XII mengerjakan tugas pelajaran bahasa Indonesia secara mandiri.
Pada kalimat tersebut terdapat keterangan ….
A.    tujuan
B.    cara
C.    aposisi
D.    pewatas
E.    penyerta

34.    Bacalah kutipan paragraf berikut dengan baik!
Proses uji sampel makanan dan minuman yang dijual di sekitar Kompleks Pasar Ngemplak, Kota Tulungagung itu sendiri diselenggarakan secara gratis.  Menggunakan satu unit mobil laboratorium keliling, setiap konsumen maupun pedagang  diberi kesempatan untuk memeriksakan bahan pangan yang baru dibelinya tanpa dipungut biaya sepeser pun. Selain layanan gratis itu, pemeriksaan secara “jemput bola” juga dilakukan petugas dengan mengambil beberapa sampel makanan/bahan pangan yang dijual di dalam Pasar Ngemplak. Hal itu tentu produsen makanan kecil dan cepat saji akan segera jera; mengingat di dalam bahan makanan tersebut banyak kandungan yang tidak ramah pada tubuh.
Kalimat penjelas yang tidak padu dalam kutipan tersebut adalah ….
A.    Selain layanan gratis itu, pemeriksaan secara “jemput bola” juga dilakukan petugas dengan mengambil beberapa sampel makanan/bahan pangan.
B.    pemeriksaan secara “jemput bola” juga dilakukan petugas dengan mengambil beberapa sampel makanan/bahan pangan yang dijual di dalam Pasar Ngemplak.
C.    Hal itu tentu produsen makanan kecil dan cepat saji akan segera jera; mengingat di dalam bahan makanan tersebut banyak kandungan yang tidak ramah pada tubuh.
D.    Proses uji sampel makanan dan minuman yang dijual di sekitar Kompleks Pasar Ngemplak, Kota Tulungagung itu sendiri diselenggarakan secara gratis. 
E.    Setiap konsumen maupun pedagang  diberi kesempatan untuk memeriksakan bahan pangan yang baru dibelinya tanpa dipungut biaya sepeser pun.

35.    Ide pokok yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ….
A.     “Jemput bola” dilakukan petugas dengan mengambil beberapa sampel makanan/bahan pangan.
B.    Pemeriksaan secara “jemput bola” dilakukan petugas dengan mengambil sampel makanan/bahan pangan.
C.    Produsen makanan kecil dan cepat saji akan segera jera; mengingat kandungan yang tidak ramah pada tubuh.
D.    Proses uji sampel makanan dan minuman sekitar Kompleks Pasar Ngemplak, Tulungagung diselenggarakan secara gratis. 
E.    Setiap konsumen maupun pedagang  diberi kesempatan untuk memeriksakan bahan pangan tanpa dipungut biaya sepeser pun.

36.    Fungsi sosial teks berita tersebut adalah ….
A.    Memberitahukan kepada konsumen agar hati-hati terhadap makanan/produk pangan yang dijual bebas oleh pedagang.
B.    Memberitahukan kepada produsen makanan agar memproduksi makanan yang bermanfaat  bagi tubuh.
C.    Memberitahukan kepada masyarakat agar hati-hati terhadap berbagai produk makanan yang dijual di sekeliling kita.
D.    Memberitahukan kepada pedagang agar tidak membeli jenis makanan yang mengandung bahan pengawet ramah lingkungan.
E.    Memberitahukan kepada anak-anak kecil agar tidak mengonsumsi jenis makanan yang terdapat bahan pengawet.

37.    Perhatikan kutipan berikut dengan baik!
Tak lama kemudian, muncul kabar bahwa sumber air minum itu akan diberi racun oleh tentara Jepang.
Kata ganti berikut yang termasuk pronominal persona adalah ….
A.    ini
B.    itu
C.    di sana
D.    mereka
E.    siapa

38.    Unsur-unsur yang tidak terdapat dalam teks cerita sejarah adalah ….
A.    tokoh
B.    kalimat persuasi
C.    tempat terjadinya peristiwa
D.    nama peristiwa
E.    waktu terjadinya peristiwa

39.    Bacalah teks berita berikut dengan saksama! (untuk soal no.39-40)
Perbedaan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas antardaerah masih tinggi. Dari 9.791 puskesmas yang ada di seluruh provinsi di Indonesia sekitar 700 puskesmas di antaranya belum memiliki dokter. Mayoritas puskesmas yang ada tidak mempunyai tenaga dokter itu ada di Indonesia bagian timur, daerah terpencil, dan pulau-pulau terluar.
“Tuntutan kian kompleks. Selain sumber daya manusia  bermutu, teknologi harus kian berkualitas. Selain beban penyakit, angka kematian karena sakit semakin tinggi”, ujarnya.
Pernyataan berikut yang sesuai dengan teks di atas adalah ….
A.    Perbedaan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas antardaerah masih belum terlampau tinggi.
B.    Dari 9.791 puskesmas di Indonesia sekitar 700 puskesmas di antaranya belum memiliki dokter.
C.    Mayoritas puskesmas tidak mempunyai dokter di Indonesia bagian timur, daerah terpencil, Sumatra, dan pulau-pulau terluar.
D.    Selain beban penyakit, angka kematian karena sakit semakin tinggi diungkapkan oleh beberapa dokter.
E.    Sekitar 700 puskesmas di antaranya belum memiliki dokter dan tenaga medis lainnya di Indonesia.

40.    Bacalah teks cerita sejarah berikut dengan saksama!
Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh pengibaran bendera Belanda Merah-Putih-Biru di Hotel Yamato oleh tentara Inggris, sehingga menyulut berkobarnya bentrokan-bentrokan bersenjata antara pasukan Inggris dan badan-badan perjuangan yang dibentuk oleh rakyat. Bentrokan-bentrokan bersenjata dengan tentara Inggris di Surabaya memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Malaby (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945.
Pernyataan berikut yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ….
A.    Bentrokan-bentrokan bersenjata dengan tentara Inggris di Surabaya memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Malaby.
B.    Brigadir Jenderal Malaby (pimpinan tentara Indonesia untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945 terbunuh .
C.    Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh pengibaran bendera Belanda Merah-Putih-Biru di Hotel Yamato oleh tentara Inggris berakhir damai.
D.    Pengibaran bendera Belanda Merah-Putih-Biru tidak menyulut berkobarnya bentrokan bersenjata antara Inggris dan rakyat.
E.    Bentrokan-bentrokan bersenjata antara pasukan Inggris dan badan-badan perjuangan yang dibentuk oleh rakyat terjadi pada tanggal 31 Oktober 1945.




KUNCI JAWABAN UTS  BHS INDONESIA KLS XII MIPA/IPS
1.     A         21. D
2.     D        22.     A
3.     C        23. C
4.     A        24. B
5.     C        25. C
6.     A        26. A
7.     B        27. E
8.     E        28. E
9.     C        29. D
10.     B        30. D
11.    C  
12.     E        31. A
13.     A        32. D
14.     B        33. B
15.     B        34. C
16.     C        35. D
17.     B        36. C
18.     E        37. D
19.     B        38. B
20.     C        39. B
           40. A

                                                         
                                                                      

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER SEMESTER 1 kelas 12 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER  SEMESTER 1 kelas 12  TAHUN PELAJARAN 2015/2016

advertise


Advertise



SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
Kelas                           :  XII MIPA/IPS
Hari, Tanggal              :  Selasa, 13 Oktober 2015
Waktu                          :  09.30-11.00

Pilihlah salah satu jawaban yang Anda anggap paling tepat dengan cara memberikan tanda hitam (menghitamkan) pada Lembar Jawab Komputer Anda!

1.    Struktur teks cerita sejarah orientasi terdapat dalam teks berikut ini ….
A.    Hari buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa Negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.
B.    Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Demonstrasi menjalar ke berbagai kota, seperti Chicago, New York, Detroit, Loisville, dan Baltimore. …
C.   Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri  ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh seluruh dunia. …
D.   Delapan jam per hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. …
E.    Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu, tdak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. …

2.    Simaklah kutipan cerita sejarah berikut dengan baik! (untuk soal no. 2-4)
Delapan jam per hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No. 47 tahun 1935. Ditetapkannya konvensi tersebut merupakan suatu pengakuan internasional yang secara tidak langsung merupakan buah dari perjuangan kaum buruh sedunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Penetapan 8 jam per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.
Kutipan tersebut merupakan struktur …
A.    orientasi
B.    peristiwa
C.   sumber
D.   reorientasi
E.    kesimpulan

3.    Ide pokok yang terdapat dalam kutipan paragraf tersebut adalah ….
A.    Konvensi tersebut merupakan pengakuan internasional yang tak langsung.
B.    Penetapan 8 jam per hari merupakan ketentuan pokok perburuhan.
C.   Delapan jam per hari ditetapkan menjadi  standar perburuhan oleh ILO.
D.   Kaum buruh akan mendapatkan pekerjaan yang layak untuk hidup.
E.    Industry perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa.

4.    Berikut ini merupakan deretan nomina yang tepat….
A.    perburuhan, pengakuan, pekerjaan, perjuangan
B.    perburuhan, berakhirnya, pekerjaan, perjuangan
C.   perburuhan, pengakuan, bersembunyi, perjuangan
D.   perburuhan, merupakan, pekerjaan, perjuangan
E.    perburuhan, pengakuan, pekerjaan, ditetapkannya

5.    Simaklah kutipan kalimat berikut! (untk soal no. 5-6)
Penetapan 8 jam per hari sebagai salah satu ketentuan pokok dalam hubungan industrial perburuhan adalah penanda berakhirnya bentuk kerja paksa dan perbudakan yang bersembunyi di balik hubungan industrial.
Kalimat tersebut jika diuraikan menurut jabatannya adalah ….
A.    SPO
B.    SPOK
C.   SP
D.   PS
E.    SPK

6.    Kata “penetapan” merupakan bentuk ….
A.    konfiks
B.    simulfiks
C.   afiks
D.   sufiks
E.    infiks

7.     “Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19”.
Jika diperhatikan konjungsinya pernyataan tersebut merupakan kalimat ….
A.    simpleks
B.    kompleks
C.   imperatif
D.   interogatif
E.    tak langsung

8.    Simaklah kutipan teks cerita sejarah berikut dengan saksama!
FIFA WORLD CUP
…..
ECAFE dibentuk pada 28 Mei 1947 yang kemudian diubah menjadi ESCAP (Economic Commission for Asia and the Far East), Colombo plan, dan KAA (Konferensi Asia Afrika)

Peristiwa Pembentukan ASEAN
….
Hingga batas akhir pendaftaran,  FIFA tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa. Bahkan, pada dua bulan sebelum Piala Dunia digelar, pesertanya masih berjumlah sembilan Negara.
Perbedaan isi pada kedua teks tersebut adalah ….
A.    Wacana pertama membicarakan perubahan nama dari ESCAP menjadi ECAFE; sedang wacana kedua membahas tentang FIFA yang tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran.
B.    Wacana pertama membicarakan perubahan nama dari ECAFE menjadi ESCAP; sedang wacana kedua membahas tentang FIFA yang telah menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran.
C.    Wacana pertama membicarakan perubahan nama dari ECAFE menjadi ESCAP; sedang wacana kedua membahas tentang FIFA yang menerima beberapa konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran.
D.   Wacana pertama membicarakan perubahan nama dari ESCAP menjadi ECAFE; sedang wacana kedua membahas tentang FIFA yang tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran.
E.    Wacana pertama membicarakan perubahan nama dari ECAFE menjadi ESCAP; sedang wacana kedua membahas tentang FIFA yang tidak menerima satu pun konfirmasi keikutsertaan Negara di Eropa hingga batas akhir pendaftaran.

9.    Perhatikan kutipan berikut kemudian susunlah menjadi sebuah paragraf yang padu! (9-10)
(1)  Di setiap generasi, selalu saja muncul gelombang penggemarnya. (2) Salah satu kompetisi akbar yang sayang untuk dilewatkan adalah Piala Dunia. (3) Baik itu dipandang sebagai olahraga kesukaan maupun sekadar tontonan untuk hiburan, sepak bola tidak pernah habis untuk dinikmati. (4) Pesona sepak bola sebagai salah satu olahraga paling top sejagat memang tak pernah pudar.
Paragraf yang kohesif dan koheren terdapat dalam ….
A.    (1), (2), (3), (4)
B.    (1), (2), (4), (3)
C.   (4), (1), (3), (2)
D.   (4), (1), (2), (3)
E.    (4), (2), (1), (3)

10.  “Di setiap generasi, selalu saja muncul gelombang penggemarnya”.
Analisis kalimat tersebut yang sesuai dengan jabatannya adalah  sebagai berikut …
A.    KSP
B.    KPS
C.   KKS
D.   SPK
E.    SKP

11.  Bacalah kutipan teks berikut dengan baik!
Lagu Indonesia Raya, lagu kebangsaan Bangsa Indonesia,  berkumandang dua kali di Stadion Tianhe.
Kalimat tersebut terdapat nomina ….
A.    koordinatif
B.    modifikatif
C.   apositif
D.   majemuk
E.    menambahkan
12.  Kalimat yang terdapat pada nomor 11, terdapat frasa sejumlah ….
A.    1
B.    2
C.   3
D.   4
E.    5

13.  Simaklah kutipan kalimat berikut! (untuk soal no. 13-14)
Hadiah Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat.
Frasa nomina modifikatif terdapat dalam ….
A.    Hadiah Nobel
B.    setiap tahun
C.   kepada ilmuwan
D.   telah melakukan
E.    ke masyarakat

14.  Kelompok kata “telah melakukan” merupakan frasa ….
A.    kata kerja apositif
B.    kata kerja endosentrik
C.   keta kerja eksosentrik
D.   nomina modifikatif
E.    nomina apositif

15.  Simaklah kalimat berikut ini!
Mereka pasti membuat karya yang lebih baik lagi pada tahun mendatang.
Dalam kalimat tersebut terdapat kata kerja ….
A.    apositif
B.    modifikatif
C.   koordinatif
D.   menambahkan
E.    memilih

16.  Simaklah kalimat berikut!
Orang itu merusak dan menghancurkan tempat tinggalnya sendiri
Dalam kalimat tersebut terdapat verba ….
A.    apositif
B.    modifikatif
C.   koordinatif
D.   menambahkan
E.    memilih

17.  Bacalah kutipan paragraf cerita sejarah berikut dengan saksama! (untuk soal no.17-18)
Mata uang rupiah bukanlah satu-satunya mata uang yang pernah berlaku di Indonesia. Kerajaan Mataran lama, Sriwijaya, dan Majapahit telah mengenal dan menggunakan berbagai tipe “uang” yang umumnya berupa logam. Setelah kedatangan penjajah di Indonesia pun, Indonesia telah mengenal berbagai macam mata uang, termasuk sen dan gulden yang diterbitkan oleh De Javasche Bank khusus untuk dipergunakan di Hindia Belanda (Indonesia saat itu).
Struktur dalam kutipan teks tersebut adalah ….
A.    orientasi
B.    peristiwa
C.   reorientasi
D.   sumber berita
E.    abstraksi

18.  Ciri bahasa yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah terdapat ….
A.    verba modifikatif
B.    verba apositif
C.   nomina koordinatif
D.   nomina apositif
E.    verba koordinatif

19.  Bacalah kutipan teks berikut dengan baik!
Ia mengatakan, penelitian membutuhkan waktu yang cukup panjang dan biaya tak sedikit. Ratusan dokter juga telah mengikuti diklat saintifikasi jamu. Para dokter ini kemudian bisa praktik di klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medikus tersebut. Di klinik ini para dokter akan meresepkan jamu pada pasien yang umumnya mengeluhkan sakit hepertensi, radang sendi, dan penyakit degeneratif. Jika penyakitnya cukup kompleks, pasien akan dirujuk ke rumah sakit.
Kutipan tersebut merupakan struktur ….
A.    peristiwa
B.    latar belakang peristiwa
C.   sumber
D.   orientasi
E.    reorientasi




20.  Simaklah kalimat berikut!
“Saya berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, dan teknologi tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai perjalanan.”
Pada kalimat langsung tersebut terdapat ciri bahasa ….
A.    pronmina persona
B.    pronominal penunjuk
C.   verba pewarta
D.   verba verbal
E.    verba modifikatif

21.  Bacalah kalimat berikut!
Kecepatannya 505 kilometer per jam
Pernyataan tersebut merupakan ….
A.    kalimat kompleks
B.    kalimat interogatif
C.   kalimat imperatif
D.   klausa
E.    kelompok kata

22.  Perhatikan kalimat berikut!
Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy sedang ke Gunung Fuji.
Pada kalimat tersebut jika  dianalisis menurut fungsinya adalah ….
A.    SP
B.    SKP
C.   SPK
D.   SPO
E.    SOP

23.  Simaklah kalimat berikut!
Kereta api ini canggih sekali.
Pada kalimat tersebut jika  dianalisis menurut fungsinya adalah ….
A.    SK
B.    SO
C.   SP
D.   PS
E.    OS

24.  Bacalah kutipan teks berikut dengan baik!
Sampai jauh malam setelah pengumuman turun tahta raja itu pada Senin, ribuan orang memenuhi Lapangan Puerta Del Sol, Madrid. Serangkaian demonstrasi juga diadakan di kota-kota besar di seluruh negeri.
Struktur teks dalam kutipan tersebut merupakan ….
A.    orientasi
B.    peristiwa
C.   sumber berita
D.   latar cerita
E.    abstraksi

25.  Kelompok kata “di seluruh negeri” merupakan jenis frase ….
A.    nomina
B.    verba
C.   preposisional
D.   adverbial
E.    subjektif


26.  Simaklah kutipan berita berikut!
Pemerintah Spanyol, Selasa (3/6), memulai penggantian raja untuk pertama kalinya dalam sejarah pasca Franco. Sementara ribuan orang anti kerajaan turun ke jalan di seluruh negeri mengimbau diadakannya referendum mengenai kerajaan.
Struktur teks dalam kutipan tersebut merupakan ….
A.    orientasi
B.    peristiwa
C.   sumber berita
D.   latar cerita
E.    abstraksi

27.  Bacalah kutipan berikut dengan teliti!
“Mereka telah menabrak kapal-kapal Pemerintah Tiongkok sebanyak 1.416 kali,” ungkap pernyataan tertulis Kemlu RRT, Senin (9/6).
Kata “menabrak” merupakan jenis verba….
A.    apositif
B.    modifikatif
C.   koordinatif
D.   intransitif
E.    transitif

28.  Kalimat langsung dalam kutipan tersebut mempunyai ciri bahasa ….
A.    verba apositif
B.    verba modifikatif
C.   verba koordinatif
D.   verba intransitif
E.    verba transitif

29.  Simaklah kalimat berikut!
Abi dan Kennedy memulai perjalanan mereka dari Stasiun Yamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji
Frase “dari Stasiun Yamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji” merupakan kelompok kata ….
A.    nomina
B.    verba
C.   ajektif
D.   adverbia
E.    konjungsi
30.  Frase “di dekat Gunung Fuji” merupakan kelompok kata ….
A.     nomina
B.    verba
C.   ajektif
D.   adverbia
E.    konjungsi
31.  Perhatikan kutipan kalimat berikut ini!
Dia mengangkat kursi itu tanpa bantuan saya.
Frase “tanpa bantuan saya” merupakan kelompok kata ….
A.    keterangan penyerta
B.    keterangan tujuan
C.   ketarangan syarat
D.   keteangan alat
E.    keterangan waktu
32.  Bacalah kalimat berikut dengan baik!
Siswa yang mempunyai rata-rata nilai 8 mendapat biasiswa.
Pada kalimat tersebut terdapat keterangan ….
A.    tujuan
B.    syarat
C.   aposisi
D.   pewatas
E.    penyerta

33.  Bacalah kutipan kalimat berikut!
Siswa kelas XII mengerjakan tugas pelajaran bahasa Indonesia secara mandiri.
Pada kalimat tersebut terdapat keterangan ….
A.    tujuan
B.    cara
C.   aposisi
D.   pewatas
E.    penyerta

34.  Bacalah kutipan paragraf berikut dengan baik!
Proses uji sampel makanan dan minuman yang dijual di sekitar Kompleks Pasar Ngemplak, Kota Tulungagung itu sendiri diselenggarakan secara gratis.  Menggunakan satu unit mobil laboratorium keliling, setiap konsumen maupun pedagang  diberi kesempatan untuk memeriksakan bahan pangan yang baru dibelinya tanpa dipungut biaya sepeser pun. Selain layanan gratis itu, pemeriksaan secara “jemput bola” juga dilakukan petugas dengan mengambil beberapa sampel makanan/bahan pangan yang dijual di dalam Pasar Ngemplak. Hal itu tentu produsen makanan kecil dan cepat saji akan segera jera; mengingat di dalam bahan makanan tersebut banyak kandungan yang tidak ramah pada tubuh.
Kalimat penjelas yang tidak padu dalam kutipan tersebut adalah ….
A.    Selain layanan gratis itu, pemeriksaan secara “jemput bola” juga dilakukan petugas dengan mengambil beberapa sampel makanan/bahan pangan.
B.    pemeriksaan secara “jemput bola” juga dilakukan petugas dengan mengambil beberapa sampel makanan/bahan pangan yang dijual di dalam Pasar Ngemplak.
C.   Hal itu tentu produsen makanan kecil dan cepat saji akan segera jera; mengingat di dalam bahan makanan tersebut banyak kandungan yang tidak ramah pada tubuh.
D.   Proses uji sampel makanan dan minuman yang dijual di sekitar Kompleks Pasar Ngemplak, Kota Tulungagung itu sendiri diselenggarakan secara gratis. 
E.    Setiap konsumen maupun pedagang  diberi kesempatan untuk memeriksakan bahan pangan yang baru dibelinya tanpa dipungut biaya sepeser pun.

35.  Ide pokok yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ….
A.     “Jemput bola” dilakukan petugas dengan mengambil beberapa sampel makanan/bahan pangan.
B.    Pemeriksaan secara “jemput bola” dilakukan petugas dengan mengambil sampel makanan/bahan pangan.
C.   Produsen makanan kecil dan cepat saji akan segera jera; mengingat kandungan yang tidak ramah pada tubuh.
D.  Proses uji sampel makanan dan minuman sekitar Kompleks Pasar Ngemplak, Tulungagung diselenggarakan secara gratis. 
E.  Setiap konsumen maupun pedagang  diberi kesempatan untuk memeriksakan bahan pangan tanpa dipungut biaya sepeser pun.

36.  Fungsi sosial teks berita tersebut adalah ….
A.    Memberitahukan kepada konsumen agar hati-hati terhadap makanan/produk pangan yang dijual bebas oleh pedagang.
B.    Memberitahukan kepada produsen makanan agar memproduksi makanan yang bermanfaat  bagi tubuh.
C.   Memberitahukan kepada masyarakat agar hati-hati terhadap berbagai produk makanan yang dijual di sekeliling kita.
D.   Memberitahukan kepada pedagang agar tidak membeli jenis makanan yang mengandung bahan pengawet ramah lingkungan.
E.    Memberitahukan kepada anak-anak kecil agar tidak mengonsumsi jenis makanan yang terdapat bahan pengawet.

37.  Perhatikan kutipan berikut dengan baik!
Tak lama kemudian, muncul kabar bahwa sumber air minum itu akan diberi racun oleh tentara Jepang.
Kata ganti berikut yang termasuk pronominal persona adalah ….
A.    ini
B.    itu
C.   di sana
D.   mereka
E.    siapa

38.  Unsur-unsur yang tidak terdapat dalam teks cerita sejarah adalah ….
A.    tokoh
B.    kalimat persuasi
C.   tempat terjadinya peristiwa
D.   nama peristiwa
E.    waktu terjadinya peristiwa

39.  Bacalah teks berita berikut dengan saksama! (untuk soal no.39-40)
Perbedaan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas antardaerah masih tinggi. Dari 9.791 puskesmas yang ada di seluruh provinsi di Indonesia sekitar 700 puskesmas di antaranya belum memiliki dokter. Mayoritas puskesmas yang ada tidak mempunyai tenaga dokter itu ada di Indonesia bagian timur, daerah terpencil, dan pulau-pulau terluar.
“Tuntutan kian kompleks. Selain sumber daya manusia  bermutu, teknologi harus kian berkualitas. Selain beban penyakit, angka kematian karena sakit semakin tinggi”, ujarnya.
Pernyataan berikut yang sesuai dengan teks di atas adalah ….
A.    Perbedaan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas antardaerah masih belum terlampau tinggi.
B.    Dari 9.791 puskesmas di Indonesia sekitar 700 puskesmas di antaranya belum memiliki dokter.
C.   Mayoritas puskesmas tidak mempunyai dokter di Indonesia bagian timur, daerah terpencil, Sumatra, dan pulau-pulau terluar.
D.   Selain beban penyakit, angka kematian karena sakit semakin tinggi diungkapkan oleh beberapa dokter.
E.    Sekitar 700 puskesmas di antaranya belum memiliki dokter dan tenaga medis lainnya di Indonesia.

40.  Bacalah teks cerita sejarah berikut dengan saksama!
Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh pengibaran bendera Belanda Merah-Putih-Biru di Hotel Yamato oleh tentara Inggris, sehingga menyulut berkobarnya bentrokan-bentrokan bersenjata antara pasukan Inggris dan badan-badan perjuangan yang dibentuk oleh rakyat. Bentrokan-bentrokan bersenjata dengan tentara Inggris di Surabaya memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Malaby (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945.
Pernyataan berikut yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ….
A.    Bentrokan-bentrokan bersenjata dengan tentara Inggris di Surabaya memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Malaby.
B.    Brigadir Jenderal Malaby (pimpinan tentara Indonesia untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945 terbunuh .
C.   Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh pengibaran bendera Belanda Merah-Putih-Biru di Hotel Yamato oleh tentara Inggris berakhir damai.
D.   Pengibaran bendera Belanda Merah-Putih-Biru tidak menyulut berkobarnya bentrokan bersenjata antara Inggris dan rakyat.
E.    Bentrokan-bentrokan bersenjata antara pasukan Inggris dan badan-badan perjuangan yang dibentuk oleh rakyat terjadi pada tanggal 31 Oktober 1945.




KUNCI JAWABAN UTS  BHS INDONESIA KLS XII MIPA/IPS
1.     A         21. D
2.     D        22.            A
3.     C        23. C
4.     A        24. B
5.     C        25. C
6.     A        26. A
7.     B        27. E
8.     E        28. E
9.     C        29. D
10.   B        30. D
11.  C  
12.   E        31. A
13.   A        32. D
14.   B        33. B
15.   B        34. C
16.   C        35. D
17.   B        36. C
18.   E        37. D
19.   B        38. B
20.   C        39. B
           40. A