Thursday 6 November 2014

Ciri-ciri Bahasa Teks Anekdot



Ciri-ciri Bahasa Teks Anekdot

Tujuan

Siswa mengetahui ciri-ciri bahasa teks anekdot agar lebih paham mengenai struktur dan kaidah teks anekdot.
Teks anekdot dimanfaatkan masyarakat sebagai media untuk menyindir layanan publik di bidang politik, sosial, dan lingkungan. Sindiran atau kritikan yang dikemas dengan cerita yang lucu dan menggelitik membuat orang mudah menerima kritikan sambil tertawa. Untuk memperoleh sindiran yang halus, bahasa teks anekdot menggunakan kata kias atau konotasi, pengandaian, perbandingan, antonim, pertanyaan retoris, ungkapan, dan konjungsi.
Bahasa yang digunakan dalam teks anekdot sebagai berikut.
1. Kata kias atau konotasi adalah kata yang tidak memiliki makna sebenarnya.
Kata kias bisa berupa ungkapan dan peribahasa. Ungkapan adalah kelompok kata yang khusus digunakan untuk menyatakan sesuatu sedangkan peribahasa adalah kalimat yang memiliki makna kias.
Contoh : daun muda yang bermakna gadis (ungkapan)
2. Kalimat sindiran yang diungkapkan dengan pengandaian, perbandingan, dan lawan kata atau antonim.
Contoh :
• Peristiwa yang terjadi di Indonesia diandaikan jika terjadi di negeri orang (sindiran dengan pengandaian)
• Badannya semakin lama semakin kurus seperti es lilin (perbandingan)
• Orang pintar dikatakan bodoh dan orang bodoh dikatakan pintar (antonim)
3. Pertanyaan retoris
Pertanyaan retoris adalah pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban.
Contoh : Apakah kamu mau meninggal hari ini?
4. Kalimat yang menyatakan ajaran moral/pesan kebaikan
5. Konjungsi
Konjungsi adalah kata hubung. Kata hubung yang sering digunakan dalam teks anekdot adalah kata hubung waktu (konjungsi temporal) yaitu, setelah, lalu, kemudian dan sebab-akibat yaitu, maka, karena, oleh sebab itu. Kalimat pengandaian digunakan penulis untuk berandai-andai.

Perhatikan!

Jelaskan ciri bahasa yang digunakan dalam teks anekdot berikut ini!
Sebagai tradisi jika ada orang yang meninggal dalam satu kampong seberang, maka warga harus datang melayat.
Sore itu, Dasron meninggal. Semua warga terlihat dalam prosesi pemakaman Dasron, hanya Imron yang tak terlihat. Dia sibuk bekerja di sawah.
Suatu hari Amrun bertemu dengan Imron. Amrun menanyakan perihal ketidakhadirannya. “Kenapa kemarin kau tidak datang melayat?” seru Amrun. “Kalau saya datang pada acara prosesi pemakaan Dasron, Dasron juga tidak akan datang ke prosesi pemakaman kita ketika kita meninggal. Jadi, saya tidak usah datang!” Jawab Imron. “Apa kau tidak percaya, Amrun? Buktikan saja sendiri!”
Teks anekdot di atas menggunakan pertanyaan retoris dan konjungsi sebab akibat.
• Pertanyaan retoris terdapat pada kalimat Apa kau tidak percaya, Imron? Buktikan saja sendiri!. Tak ada orang yang ingin membuktikan suatu hal yang ghaib dengan cara meninggal dulu.
• Konjungsi yang digunakan adalah konjungsi sebab-akibat: maka, jadi
Jelaskan ciri bahasa yang digunakan dalam teks anekdot berikut ini!
Padi di sawah terlihat menguning seperti hamparan permadani. Hasil padi tahun ini melimpah sehingga bisa untuk memenuhi kebutuhan para petani. Setelah panen raya, para petani bersyukur kepada Tuhan dengan menggelar acara Bersih Desa.
Pak Dukuh memberikan sambutan dalam acara tersebut. “Wargaku, hari ini kita berkumpul untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan. Semoga hasil panen kita setiap tahun terus meningkat. Tidak terserang hama wereng dan tikus-tikus tidak menjarah padi kita. Sawah kita juga tidak diambil oleh tikus berdasi dijadikan perumahan rakyat.”
Bahasa yang digunakan dalam teks anekdot di atas yang paling menonjol adalah penggunaan ungkapan “tikus berdasi” yaitu sebutan orang pemerintah yang tidak bertanggung jawab.

Poin Penting

Bahasa teks anekdot menggunakan kata kias atau konotasi, pengandaian, perbandingan, antonim, pertanyaan retoris, ungkapan, dan konjungsi.
Latihan soal

Soal 1

Berikut ini ciri penanda bahasa teks anekdot, kecuali.…
a.          memuat sindiran
b.         memanfaatkan kalimat retoris
c.          menggunakan bahasa yang puitis
d.         menggunakan peribahasa/ungkapan
e.          menggunakan konjungsi temporal dan sebab akibat

C

Petunjuk

Penanda bahasa teks anekdot adalah ciri bahasa yang bisa membedakan teks anekdot dengan teks yang lain.

Pembahasan

Ciri bahasa teks anekdot sebagai berikut :
• Menggunakan kata kias atau konotasi (tidak memiliki makna sebenarnya)
• Mengandung kalimat sindiran yang diungkapkan dengan pengandaian, perbandingan, dan lawan kata atau antonim
• Menggunakan pertanyaan retoris
• Memanfaatkan kalimat yang menyatakan ajaran moral/pesan kebaikan
• Menggunakan konjungsi temporal dan sebab akibat

Soal 2

Bacalah paragraf berikut ini!
Hari ini Sekolah Bahagia mengadakan rekreasi ke Bali. Para siswa terlihat gembira dan mengenakan pakaian yang terbagus. Diantara mereka ada yang membawa tongsis. Tiba-tiba Nasrudin berkata, “Iya, tongsis itu memang cocok untuk kita, supaya kita semua pandai berkaca diri”. Anak yang membawa tongsis hanya tersenyum kemudian mengajak Nasrudin selfie.
Konjungsi temporal terdapat pada kalimat ke….
a.          1
b.         2
c.          3
d.         5
e.          4

D

Petunjuk

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang menandakan urutan waktu.

Pembahasan

Kata penghubung yang menunjukkan waktu terdapat pada kalimat ke-5 yaitu kemudian.

Soal 3

Bacalah teks berikut ini!
(1) Matahari memancarkan sinarnya ke bumi dan sebagai sumber cahaya. (2) Bintang pun iri terhadapnya.
(3)“Mengapa sinarmu begitu terang? Ajarkan aku agar aku sepertimu!” kata bintang kepadanya. (4) Matahari pun tersenyum menjawabnya, “Bintang, jika kau ingin sepertiku kumpulkanlah emas, batu bara, dan minyak sebanyak-banyaknya dari bumi karena benda itulah sumber cahayaku.” (5) Kemudian, bintang pun pergi dan mulai mengerahkan rakyatnya untuk menggali emas, batu bara, dan minyak sebagai sumber cahaya.


Hubungan makna antarkalimat dalam paragraf dinyatakan secara implisit melalui….
a.          Perbandingan
b.         Pertentangan
c.          sebab-akibat
d.         pengandaian
e.          umum-khusus
C

Petunjuk

Hubungan makna antarkalimat membentuk sebuah jalinan paragraf yang memiliki satu kesatuan makna.

Pembahasan

Hubungan makna kalimat ke-1 sampai dengan kalimat ke-5 menggunakan hubungan sebab-akibat. Kalimat ke-1 menyebabkan kalimat ke-2 dan seterusnya.

Soal 4

Bacalah paragraf berikut ini!
Keluarga Anis makan siang bersama. Sambil makan mereka berbagi cerita. Mereka merasakan kebahagiaan yang tak ternilai harganya.
Tiba-tiba Anis menanyakan lauk kepada ibunya, “Bu, lauknya apa nih?”. Ibunya menjawab, ”Mulai hari ini tidak ada lauk. Negara tetangga baru hajatan sehingga tidak sempat mengekspor kedelai, daging, maupun ikan.”
“Maksudnya, apa, Bu?” anis tidak paham dengan perkataan ibunya. “Pikir aja sendiri!” jawab Ibu.
Anis cemberut dan tetap makan tapi tanpa lauk, baik tahu maupun tempe. Benar-benar makan ala kadarnya.
Bahasa yang digunakan untuk menyampaikan sindiran adalah.…
a.          antonym
b.         sinonim
c.          ungkapan
d.         pengandaian
e.          perbandingan

D

Petunjuk

Bahasa yang digunakan untuk menyindir adalah pengandaian, perbandingan, antonim, dan ungkapan.

Pembahasan

Bahasa yang digunakan dalam teks anekdot di atas untuk menyindir adalah pengandaian. Teks di atas berandai-andai jika negara tetangga mementingkan kepentingan sendiri, negaranya tidak bisa memenuhi kebutuhannya karena ada sebagaian bahan yang diimpor oleh negara tetangga.

Soal 5

Bacalah teks berikut ini!
Suatu sore dipadang rumput.
Kambing 1: mengapa rumputmu selalu hijau?
Kambing 2: karena selalu kurawat dan kupupuk
Kambing 1: rumputku juga kurawat dan kupupuk tapi tidak sehijau rumputmu.
Kambing 2: karena kau melihatna tidak dengan hati sehingga rumput tetangga lebih hijau di matamu.
Kambing 1 merasa tersindir kemudian tersenyum kecut.
Bahasa yang digunakan untuk menyampaikan sindiran dalam teks anekdot di atas adalah.…
a.          perbandingan
b.         pengandaian
c.          ungkapan
d.         sinonim
e.          antonim

C

Petunjuk

untuk menyindir seseorang, bahasa yang digunakan adalah pengandaian, antonim, sinonim, dan ungkapan.

Pembahasan

Bahasa yang digunakan untuk menyindir adalah ungkapan “rumput tetangga lebih hijau” yang artinya apapun yang dimiliki orang lain terasa indah dan nikmat.

Soal 6

Bacalah teks berikut ini!
Semut bertemu lebah di ranting pohon.
(1) Lebah: Wah, maduku sangat bermanfaat.
(2) Semut: Apa aku bisa mengambilnya sedikit saja
(3) Lebah: tidak boleh
(4) Semut: mengapa?
(5) Lebah: karena kau tinggal dalam kolong jembatan
Semut berlalu meninggalkan kecongkakan lebah.
Sindiran terdapat pada kalimat ke.…
a.          1
b.         2
c.          3
d.         4
e.          5

E

Petunjuk

Sindiran dapat diungkapkan melalui perbandingan, pengandaian, antonim, dan ungkapan.

Pembahasan

Kalimat sindiran terdapat pada kalimat karena kau tinggal dalam kolong jembatan.

Soal 7

Bacalah teks berikut ini!
Sebelum upacara pembukaan MOS di sekolah Mundur.
1) Siswa: upacara bendera itu tujuannya apa, Pak
2) Guru: agar kita selalu mencintai dan menjaga Negara kita, serta mengenang jasa pahlawan.
3) Siswa: ooo, tapi mengapa masih banyak kasus, seperti penggundulan hutan, ya? Atau mungkin mereka ang melakukannya tidak pernah upacara bendera atau sekolah, Pak.
4) Guru: (tersenyum) nah, kamu kan sekolah, jangan pernah melakukan hal itu, ya!
5) Siswa: tentu
Upacara dimulai semua siswa dan guru diam.
Sindiran dalam teks di atas terdapat pada kalimat ke.…
a.          1
b.         2
c.          3
d.         4
e.          5

C

Petunjuk

Sindiran dapat diungkapkan melalui perbandingan, pengandaian, antonim, dan ungkapan.

Pembahasan

Sindiran dituangkan dalam kalimat ke-3 yaitu menyindir pengeksploitasi hutan untuk kepentingan pribadi yang tidak pernah mengenyam pendidikan.

Soal 8

Bacalah teks di bawah ini!
Kerbau menanyakan kehidupan kutu loncat.
Kerbau : Mengapa hidupmu selalu berpindah-pindah
Kutu: saya mencari makan
Kerbau: apa tidak merasa capek? Dan mengapa kau selalu lompat?
Kutu: aku tidak merasa capek dan aku harus melompat karena kalau saya tidak melompati orang, makananku akan habis karena aku harus memberi setiap orang yang kulewati.
Kerbau: iya, juga. Sayang sekali, saya tidak bisa melompat.
Kutu dan kerbau melanjutkan tugas masing-masing.
Bahasa sindiran diungkapkan melalui….
a.          Antonym
b.         Sinonim
c.          Ungkapan
d.         Pengandaian
e.          perbandingan

E

Petunjuk

untuk menyindir seseorang, bahasa yang digunakan adalah pengandaian, antonym, sinonim, dan ungkapan.

Pembahasan

Kutu mengandaikan jika dia harus jalan lurus, ia harus memberi sedekah setiap dia bertemu dengan orang lain. Sindiran ini tentang kasus suap-menyuap.

Soal 9

Bacalah teks di bawah ini!
Adi nonton TV bersama bapaknya di ruang keluarga. Ia mengikuti berita agar tidak ketinggalan informasi.
Berita Politik
Adi: Pak, itu teman saya waktu kuliah dulu!
Bapak: yang mana?
Adi: Itu lho, Pak yang pakai baju mahal!
Bapak: tak ada, hanya pakai kaos KPK.
Adi: itu kan mahal, Pak. Kalu kita mana bisa pakai baju seperti itu?
Bapak: Kamu mau seperti itu?
Adi tertawa bersama bapaknya.
Pertanyaan retoris yang terdapat dalam teks di atas adalah .…
a.          Pak, itu teman saya waktu kuliah dulu!
b.         yang mana?
c.          Itu lho, Pak yang pakai baju mahal!
d.         itu kan mahal, Pak. Kalu kita mana bisa pakai baju seperti itu?
e.          Kamu mau seperti itu?
E

Petunjuk

Pertanyaan retoris adalah pertanyaan yang tidak perlu jawaban.

Pembahasan

Pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban adalah Kamu mau seperti itu?

Soal 10

Bacalah teks di bawah ini!
Seorang siswa mendatangi penjahit karena baju ang dijahitnya kebesaran.
Siswa: Bu, ini bukan ukuran saya karena terlalu besar
Penjahit: saya jahit berdasarkan ukuran (sambil mengambil buku yang berisi model dan ukuran pemesan)
Siswa: salah ukuran mungkin, Bu
Penjahit: setiap pelanggan yang datang, saya ukur 2X untuk menghindari salah ukur
Siswa: tapi ini, tidak sesuai dengan ukuran saya
Penjahit: O, itu mungkin salah kacamata saya. Karena kacamata saya sudah berumur 10 tahun.
Cerita tersebut bisa diungkapkan dengan peribahasa….
a.          celaka dua belas
b.         ada gula ada semut
c.          air di atas daun talas
d.         maling teriak maling
e.          kambing hitam
E

Petunjuk

Peribahasa adalah kalimat yang mengandung makna kias.

Pembahasan

Kalimat sindiran berupa ungkapan yaitu ketidakpantasan menyalahkan benda. Benda yang digunakan untuk membantu menyelasaikan tugas kita tetapi malah disalahkan atau dijadikan “kambing hitam”.

Struktur Isi Teks Anekdot


Struktur Isi Teks Anekdot

Tujuan

Memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan. Anekdot biasanya berkisar pada orang-orang penting dan berdasarkan kejadian nyata (KUBI). Anekdot dapat berupa cerita rekaan yang tidak harus didasarkan pada kenyataan yang terjadi di masyarakat. Partisipan atau pelaku di dalam cerita anekdot pun tidak harus orang penting .
Peristiwa-peristiwa dalam teks anekdot dapat berupa peristiwa lucu atau humor, jengkel, dan konyol.
Teks anekdot ditulis dengan tujuan untuk memberikan kritik dan memberikan sebuah pelajaran bagi masyarakat, khususnya pelayan publik di bidang hukum, sosial, politik, dan lingkungan. Teks anekdot biasanya membahas permasalahan yang berkaitan dengan layanan publik.
Tidak semua cerita yang memiliki unsur lucu, jengkel, atau konyol tergolong ke dalam teks anekdot. Yang membedakan teks anekdot dengan teks yang lain yaitu teks anekdot memiliki pesan moral, memiliki unsur lucu atau konyol, dan memiliki struktur: abstraksi,orientasi,krisis, reaksi, dan koda.

Poin Penting dalam Anekdot

Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita.
Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.
Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh.
Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul.
Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.

Teks anekdot tidak harus memenuhi lima aspek di atas. Aspek yang harus ada dalam teks anekdot adalah orientasi, krisis, dan reaksi.

Perhatikan!

Contoh soal
Analisislah struktur teks di bawah ini!
1.      Hari ini pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Suasana kelas tidak kondusif. Padahal, Bapak guru dengan semangat menjelaskan materi yang sudah dituangkan dalam power point.
2.      “Sekarang kita masuk bab baru yaitu UUD 45”, kata pak guru. “Ali, perhatikan dengan sungguh-sungguh, jangan ngobrol dengan teman!”. “Ya, Pak,” jawab Ali dengan muka masam.
3.      “Undang-undang Dasar 1945 atau yang sering kita singkat menjadi UUD 45 sudah beberapa kali mengalami perubahan disesuaikan dengan kondisi masyarakat Indonesia. Semua peraturan yang ada di Indonesia diatur dalam UUD 1945.” Pak guru menjelaskan beberapa perubahan yang terjadi dalam UUD 45.
4.      Tiba-tiba Ali berkomentar, “Pak, setahu saya UUD belum pernah mengalami perubahan dari dulu sampai sekarang, tapi kalau semua peraturan itu diatur dalam UUD, saya setuju, Pak!” Pak guru terhenyak, “Apa Ali?”. “Semua peraturan itu kan ujung-ujungnya duit atau UUD, Pak!”
5.      Sontak, semua siswa tertawa dan Pak guru pun ikut tertawa. Suasana kelas pun menjadi ramai.
Analisis struktur teks anekdot di atas adalah
• Abstraksi: Pembuka cerita ( paragraf ke-1 kalimat ke-1)
• Orientasi: situasi awal cerita (paragraf ke-1 kalimat ke-2)
• Krisis: bagian konflik cerita (paragraf ke-4)
• Reaksi: tanggapan tokoh terhadap konflik (paragraf ke-5 kalimat ke-1)
• Koda: penutup cerita (paragraf ke-5 kalimat ke-2)
Latihan Soal

  1. Struktur teks anekdot adalah….
a.          Pernyataan umum-deskripsi bagian
b.         Pernyataan pendapat-argumentasi-penegasan ulang
c.          Orientasi-argumentasi-penutup
d.         Pembuka-isi-penutup
e.          Orientasi-abstraksi-reaksi-koda
E

Petunjuk

Struktur teks anekdot adalah cara bagaimana teks anekdot itu disusun.

Pembahasan

Teks anekdot memiliki struktur sebagai berikut.
1. Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita
2.Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita
3.Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh
4. Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul
5.* Koda* yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita
2.      Aspek yang harus ada dalam struktur teks anekdot adalah…
a.          abstraksi-orientasi-krisis
b.         abstraksi- krisis-koda
c.          orientasi-krisis-koda
d.         orientasi-krisis-reaksi
e.          krisis-reaksi-koda
D

Petunjuk

Aspek yang harus ada dalam struktur anekdot adalah hal yang menjadi inti cerita/teks anekdot yang dibuat.

Pembahasan

Unsur yang harus ada dalam teks anekdot adalah orientasi-krisis-reaksi
  1. Bagian yang menunjukkan situasi awal cerita disebut ….
a.          Abstraksi
b.         Orientasi
c.          Krisis
d.         Reaksi
e.          Koda
B

Petunjuk

Situasi cerita biasanya digunakan sebagai pembuka cerita.

Pembahasan

Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita
Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita
Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh
Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul
Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita
  1. Bagian yang menunjukkan konflik cerita disebut….
a.          Abstraksi
b.         Orientasi
c.          Krisis
d.         Reaksi
e.          Koda
C

Petunjuk

Konflik cerita adalah masalah yang menjadi sebab cerita.

Pembahasan

Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita.
Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.
Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh.
Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul.
Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.
  1. Bagian yang menunjukkan tanggapan tokoh terhadap konflik disebut …
a.          Abstraksi
b.         Orientasi
c.          Krisis
d.         Reaksi
e.          Koda
D

Petunjuk

Tanggapan tokoh terhadap konflik akan muncul setelah krisis.

Pembahasan

Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita.
Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.
Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh.
Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul.
Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.
6. Bacalah teks di bawah ini dengan cermat!
Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai. “Seandainya keadaan keluargaku seperti ini pasti kebahagiaan yang ada”.Tetapi kemudian badai ganas menghadang hingga kapalnya oleng hampir tenggelam. Kapalnya selamat setelah dia membuang semua muatannya dengan bersusah payah .kejadiaan tersebut mengingatkan padanya kalau dia seorang ‘pelaut ulung’. Badailah yang membuatnya ulung. Pikirannya kembali kepada keluarganya.“Bagaimana kalau istri dan anakku yang kubuang? Apakah saya akan memperoleh ketenangan dan merasakan kebahagiaan?” ujar si pelaut. Si pelaut tersenyum-senyum memikirkan istri dan anaknya.
Kalimat yang menunjukkan abstraksi adalah…
a.          Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai
b.         “Seandainya keadaan keluargaku seperti ini pasti kebahagiaan yang ada”
c.          Tetapi kemudian badai ganas menghadang hingga kapalnya oleng hampir tenggelam.
d.         Badailah yang membuatnya ulung
e.          Si pelaut tersenyum-senyum memikirkan istri dan anaknya.
A

Petunjuk

Abstraksi adalah awal cerita.

Pembahasan

Abstraksi menunjukkan awal cerita yang dibangun. Pada paragraf tersebut, awal cerita dibangun pada kalimat pertama, yaitu Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai.
7. Bacalah teks berikut ini!
Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “ Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
Kalimat yang menunjukkan krisis adalah…
a.          Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas.
b.         “Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya.
c.          Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto.
d.         ”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”
e.          Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
D
Krisis adalah struktur anekdot yang menunjukkan konflik.

Pembahasan

Krisis adalah struktur anekdot yang berisi konflik. Krisis pada paragraf tersebut adalah ketika seorang anak berkomentar ”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”.
8. Susunlah anekdot berikut ini sesuai dengan strukturnya!
1. Bu guru pun tersenyum
2. Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya Bu guru di depan kelas.
3. Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek
4. Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang
5. Hukum kantong kresek Bu, kata anak itu.
6. Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.
a.          1-2-3-4-5-6
b.         2-4-5-3-6-1
c.          2-4-3-5-1-6
d.         1-2-4-5-3-6
e.          3-2-1-4-5-6
B

Petunjuk

Menyusun anekdot dimulai dari abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda.

Pembahasan

Anekdot dimulai dengan pertanyaan bu guru di depan kelas. Berlanjut pada komentar seorang anak, kemudian dialog antara guru dan anak tersebut dan diakhiri dengan koda yang menunjukkan sang guru tersenyum menanggapi penjelasan sang anak.

9. Soal 9

Bacalah teks berikut ini!
Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “ Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.


Pada anekdot tersebut, reaksi yang menjadi koda adalah …
a.          Tiba-tiba seorang anak berkomentar.
b.         Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
c.          Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya
d.         Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya
e.          Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi
B

Pembahasan

Tanggapan terjadi setelah konflik. Dalam paragraf tersebut tanggapan atau reaksi terjadi ketika sang anak memaparkan bahwa di jalan menuju rumahnya sduah banyak biopori akibat dari banjir yang maksud sesungguhnya adalah jalanan berlubang dan rusak. Tanggapannya adalah semua anak tertawa termasuk bu guru.
10. Bacalah teks di bawah ini!
Seorang ayah mengajari anaknya berenang. “Aku tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang anak. “Ayah akan ajari dari gaya tersulit sampai termudah Nak”, jawab ayahnya. Sang anak gembira. Setelah beberapa hari latihan renang itu, sang ayah tampak bersedih sementara sang anak tampak gembira. “Terimakasih yah, akhirnya ayah dapat mengajari gaya berenang yang paling aku kuasai, tapi kenapa ayah bersedih?” tanyanya. “Yang kamu kuasai itu gaya batu, Nak!”
Kalimat manakah yang menunjukkan orientasi?
a.          Seorang ayah mengajari anaknya berenang
b.         Aku tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang anak.
c.          Ayah akan ajari dari gaya tersulit sampai termudah Nak
d.         Terimakasih yah, akhirnya ayah dapat mengajari gaya berenang yang paling aku kuasai, tapi kenapa ayah bersedih?
e.          Yang kamu kuasai itu gaya batu, Nak
B

Petunjuk

Orientasi adalah peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.

Pembahasan

Kalimat “Aku tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang anak merupakan orientasi karena kalimat tersebut menjadi gambaran situasi awal sekaligus alasan kenapa peristiwa tersbut terjadi.

Wednesday 5 November 2014

kumpulan soal teks eksposisi



Apakah yang dimaksud dengan paragraf eksposisi? Apakah anda bingung dengan paragraf ekspisisi? Simak penjelasan berikut ini ya. Ya itulah penjelasan eksposisi yang saya peroleh dari youtube. Saya juga akan memberi kepada pembaca yang budiman tentang kumpulan soal eksposisi.



advertise
advertise
soal materi teks eksposisi beserta pembahasannya


Ulangan Harin Teks Eksposis  mapel Bahasa Indonesia Kelas, Program   : X MIA & IIS
Waktu                                   : 2 X 45 menit

1. Berikut ini yang merupakan pernyataan umum atau tesis dalam sebuah teks eksposisi adalah kalimat…
a.           Pendidikan merupakan hal yang sangat penting.
b.          Masalah kesejahteraan guru menjadi salah satu masalah pendidikan Indonesia.
c.           Jika dibandingkan dengan negara lain, pendidikan di Indonesia bisa dikatakan sangat tertinggal
d.          Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan pendidikan yang seadanya
e.           Mutu pendidikan harus semakin ditingkatkan oleh pemerintah.


Cara Nonton Youtube dengan Kuota Internet yg Awet dan Tidak Cepat Habis!




2. Anak remaja kini berbeda dengan anak remaja dulu. Jika dulu anak remaja sangat patuh, hormat, dan sopan kepada orang tua, kini sangat jarang anak remaja yang mana masih berlaku patuh dan sopan. Apalagi kepada orang tua yang tidak atau belum dikenal. Keadaan seperti ini bisa jadi merupakan akibat dari kurangnya pendidikan kesopanan dan kesantunan. advertise advertise
Dalam teks di atas, terdapat kalimat yang perlu disunting, yaitu kalimat…
a.        pertama
b.       kedua
c.        ketiga
d.       keempat
e.        kedua dan keempat

3. Langkah-langkah menyunting teks eksposisi antara lain … kecuali…
a.           Membaca teks eksposisi secara keseluruhan.
b.          Menandai kata atau kalimat yang tidak sesuai.
c.           Memperbaiki kata, kalimat, atau paragraf yang tidak sesuai
d.          Menyusun teks baru dari teks eksposisi yang sudah dibaca.
e.           Memeriksa keterpaduan paragraf.

4. Sebelum menyunting teks eksposisi, seseorang harus memahami dulu karakteristik dari teks eksposisi. Salah satunya adalah adanya argumentasi bersifat satu sisi. Maksudnya adalah…
a.           Penulis memiliki satu argumen.
b.          Penulis tidak berat sebelah.
c.           Penulis memihak pada satu sisi, mendukung atau menolak.
d.          Penulis mendukung apa yang dibicarakan dalam tulisan.
e.           Penulis menolak apa yang dibicarakan dalam tulisan.

5. Setiap orang tua tentu akan menyayangi anaknya. Begitupun dengan saya. Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk ia sehingga ia bisa tumbuh menjadi pribadi yang terbaik. Tapi, meskipun saya sudah menjaganya dengan sedemikian rupa, tetap saja kekhawatiran itu selalu ada. Kekhawatiran akan terjerumus pada narkoba, misalnya. Kita semua tahu bahwa di negara kita ini bahaya narkoba semakin menjalar.
Pronomina yang digunakan dalam teks eksposisi di atas adalah…
a.           Kami
b.          Saya
c.           Ia
d.          –nya
e.           kita

6. Cara membersihkan kaca jendela agar mengkilap tidaklah sulit. Bahan seperti tembakau bisa dimanfaatkan untuk membuat kaca lebih mengkilap. Tembakau memang terbukti untuk membuat kaca menjadi mengkilap. Caranya dengan menggosok kaca dengan rendaman air tembakau, kemudian mengeringkannya dengan lap kering yang bersih.
Kalimat yang rancu dan harus diperbaiki letaknya dalam teks di atas ada pada kalimat…
a.           pertama
b.          kedua
c.           ketiga
d.          keempat
e.           kedua dan ketiga

7. Menurut saya, seorang wanita seharusnya bisa menghargai dirinya sendiri dan menjaga kehormatannya dengan cara berpakaian sopan. Memakai pakaian sopan tidak akan menyebabkan keresahan sosial.
Kaidah teks eksposisi yang tidak ada dalam teks di atas adalah…
a.           pronomina
b.          tesis
c.           konjungsi
d.          argumentasi satu sisi
e.           argumen

8. Teks eksposisi adalah...
a.           Teks yang berisi cerita dan informasi terkini
b.          Teks yang menjelaskan atau memaparkan sesuatu secara runtut.
c.           Teks yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca.
d.          Teks yang memberikan penjelasan akan suatu permasalahan secara subjektif.
e.           Teks yang memaparkan informasi untuk menghibur pembaca.

9. Sifat dari penulisan teks eksposisi adalah…
a.           Informatif
b.          Meyakinkan
c.           Menghibur\
d.          Merayu
e.           fiktif

10. Tujuan dari teks eksposisi adalah...
a.           Meyakinkan kebenaran pendapatnya.
b.          Memaparkan suatu informasi, pendapat, atau ide.
c.           Mengajak pembaca melakukan sesuatu.
d.          Menggambarkan sesuatu.
e.           Menceritakan suatu kisah.

11. Anda tentu tahu bahwa madu merupakan salah satu bahan herbal yang banyak dimanfaatkan di masyarakat baik itu untuk pengobatan maupun kecantikan. Konon, sejak zaman dahulu madu ini sudah digunakan sebagai bahan obat-obatan dan untuk menjaga kecantikan.
Jenis pengembangan paragraf yang digunakan dalam teks eksposisi paragraf di atas adalah...
a.           Deduktif
b.          Campuran
c.           Deskriptif
d.          Induktif
e.           analogi

12. Lalu, apa saja manfaat dari madu ini? Madu memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam bidang kesehatan, madu bermanfaat untuk menjaga stamina, mencegah kanker, merangsang pertumbuhan jaringan yang baru, imunitas tubuh, menurunkan kolesterol, mengatasi batuk, dan sebagainya. Dalam bidang kecantikan, madu bermanfaat untuk menjaga keremajaan kulit, menghaluskan kulit, melembabkan kulit, mencegah penuaan dini dan sebagainya.
Pola pengembangan yang digunakan dalam teks eksposisi di atas adalah...
a.           ilustrasi
b.          analogi
c.           definisi
d.          proses
e.           laporan

13. Ciri dari sebuah teks eksposisi adalah sifatnya yang ilmiah.Cara mengetahuinya hal tersebut adalah...
a.           Dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan
b.          Adanya data-data berupa angka
c.           Adanya istilah-istilah ilmiah
d.          Bersifat alami
e.           Menjelaskan masalah yang umum

14. Tahukah Anda bagaimana cara untuk memutihkan wajah secara alami? Banyak orang yang ingin memiliki wajah yang putih namun dengan cara alami. Cara memutihkan kulit ini sebenarnya sangat mudah. Caranya, ambillah sesendok air perasan jeruk nipis dan setengah sendok madu murni. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan secara lembut pada wajah Anda. Biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Basuh dengan air dingin hingga bersih. Lakukan dua kali dalam seminggu. Mudah bukan? Jadi, selain Anda menjadi lebih cantik alami, dengan cara seperti ini Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.
Teks eksposisi tersebut menggunakan pola pengembangan...
a.           Definisi
b.          Analogi
c.           Ilustrasi
d.          sebab akibat
e.           proses

15. Tahukah Anda ternyata yoghurt sangat bagus untuk kesehatan kulit? Yoghurt bisa dimanfaatkan untuk masker kulit. Caranya sangat mudah. Anda hanya tinggal menyediakan beberapa sendok yoghurt kemudian oleskan pada kulit. Lakukan secara rutin seminggu dua kali. Kulit akan menjadi sehat dan halus.
Ciri teks eksposisi yang ada dalam teks tersebut adalah… kecuali…
a.           memaparkan sesuatu
b.          runtut
c.           logis dan sesuai nalar
d.          ilmiah dan bisa dibuktikan
e.           mengajak pembaca

16. Apa itu abstraksi teks?
a.           Membuat kembali teks eksposisi.
b.          Menjelaskan teks eksposisi.
c.           Menyusun teks baru dengan pembahasan secara umum.
d.          Membuat teks eksposisi secara umum.
e.           Merangkum teks eksposisi.

17. Langkah-langkah mengabstraki teks eksposisi antara lain…. kecuali…
a.           Menentukan kata kunci
b.          Menentukan ide pokok
c.           Menentukan kalimat utama
d.          Menulis kalimat baru berdasarkan kata kunci
e.           Menulis teks abstraksi secara langsung

18. Pengobatan luka bakar sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan cara tradisonal menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini sangat mudah didapatkan. Meskipun pengobatan seperti ini sudah jarang dilakukan, tapi cara seperti ini memang ampuh untuk mengobati luka bakar. Terutama untuk pertolongan pertama pada luka bakar. Pengobatan ini juga menggunakan bahan alami sehingga relatif aman.
Ide pokok dari paragraf pertama dalam teks di atas adalah…
a.           pengobatan luka baker
b.          definisi luka baker
c.           cara mengobati luka baker
d.          mengobati luka bakar dengan cara alami
e.           bahan alami untuk luka bakar

19. Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati luka bakar yang pertama adalah mentimun dan kentang. Caranya, ambil sepotong mentimun dan kentang kemudian haluskan. Oleskan ramua ini pada luka bakar. Mentimun memiliki kemampuan untuk menyerap panas sedangkan kentang sebagai anti peradangan.
Ide pokok dari dari paragraf di atas adalah…
a.           Mentimun dan kentang untuk luka bakar.
b.          Cara mengobati luka bakar dengan mentimun dan kentang.
c.           Cara mengolah mentimun dan kentang.
d.          Kandungan mentimun dan kentang.
e.           Efek mentimun dan kentang.

20. Bahan yang ketiga adalah tomat. Cara mengobati luka bakar dengan tomat ini adalah dengan menghaluskan daging tomat kemudian mengoleskannya pada luka bakar. Tomat mampu meredam luka bakar serta sebagai antiperadangan.
Kata kunci dalam paragraf di atas diantaranya adalah…
a.           Tomat
b.          mentimun dan kentang
c.           cara mengobati luka baker
d.          efek tomat
e.           manfaat tomat
21. Lidah buaya dan tomat juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengobati luka bakar. Kandungan tomat dan lidah buaya ini memiliki efek yang mendinginkan serta mempercepat proses pemulihan luka bakar. Dengan demikian, luka bakar akan cepat sembuh dengan ramuan lidah buaya dan tomat ini.
Kata kunci dalam paragraf di atas diantaranya adalah…
a.           lidah buaya
b.          lidah buaya untuk luka baker
c.           lidah buaya dan tomat
d.          cara menggunakan lidah buaya
e.           bahan alami

22. Lidah buaya dan tomat juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengobati luka bakar. Kandungan tomat dan lidah buaya ini memiliki efek yang mendinginkan serta mempercepat proses pemulihan luka bakar. Dengan demikian, luka bakar akan cepat sembuh dengan ramuan lidah buaya dan tomat ini.
Kalimat yang paling tepat yang menggunakan kata kunci lidah buaya untuk membuat teks abstraksinya adalah…
a.        Lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar.
b.       Lidah buaya bermanfaat untuk luka bakar.
c.        Luka bakar bisa diobati dengan lidah buaya.
d.       Lidah buaya bersifat mendinginkan.
e.        Lidah buaya adalah tanaman untuk mendinginkan luka bakar.

23. Bahan alami untuk mangatasi luka bakar yang kedua yaitu lidah buaya. Caranya, ambil daging lidah buaya, haluskan, kemudian oleskan pada luka bakar. Lidah buaya ini memiliki efek mendinginkan dan dapat memulihkan luka bakar.
Kalimat utama dari paragraf pertama terdapat dalam kalimat …
a.        pertama
b.       kedua
c.        ketiga
d.       keempat
e.        kelima

24. Tahukah Anda apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan pengeroposan tulang dan bagaimana cara mengatasinya? Pengeroposan tulang hingga kini masih menjadi masalah tulang yang sering terjadi khususnya pada para manula.
Paragraf di atas merupakan salah satu struktur teks eksposisi, yaitu…
a.           pembahasan
b.          keterangan
c.           kesimpulan
d.          pernyataan umum
e.           pembahasan lanjutan

25. Contoh kesimpulan yang dapat digunakan dalam teks eksposisi yaitu…
a.           Sebaiknya setiap orang tua mendidik anak dengan sebaiknya.
b.          Dengan demikian, sebaiknya seluruh siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
c.           Masyarakat yang melakukan kredit memang seharusnya memikirkan terlebih dahulu secara matang untuk pengajuan kredit yang akan dilakukan.
d.          Cara memutihkan kulit yang sangat mudah, bukan?
e.           Kini Anda tahu mengapa organisasi tersebut akhirnya dibubarkan oleh pemerintah.

26. Evaluasi struktur isi dalam sebuah teks eksposisi bisa dilakukan dengan memperhatikan hal-hal berikut, kecuali…
a.           Pernyataan umum yang diungkapkan penulis.
b.          Pembahasan lanjutan tentang masalah yang diinformasikan dalam teks eksposisi.
c.           Kesimpulan dari seluruh informasi yang sudah dijelaskan penulis melalui teks eksposisi.
d.          Penegasan pendapat mengenai suatu masalah yang sedang dibahas.
e.           Penggunaan bahasa dalam mengemukakan informasi.

27. Kebahasaan yang dievaluasi dalam teks eksposisi mencakup… kecuali…
a.           tanda baca
b.          istilah ilmiah
c.           keterpaduan paragraf
d.          kata baku
e.           ejaan

28. Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui adanya keterpaduan paragraf dalam teks eksposisi yaitu dengan cara…
a.           Membaca keseluruhan teks eksposisi.
b.          Memperhatikan kaitan antara paragraf yang satu dengan paragraf lainnya.
c.           Membaca paragraf satu persatu.
d.          Menganalisis kalimat dalam paragraf.
e.           Memperhatikan bentuk paragraf yang digunakan.

29. Film kartun merupakan film favorit anak-anak. Bahkan bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang suka film kartun. Sama halnya dengan film-film lain, meski film kartun ini diperbolehkan untuk anak-anak, bukan berarti anak-anak boleh menontonnya secara terus menerus. …. Salah satunya adalah dampak buruk terhadap perkembangan anak seperti perkembangan sosio-emosi, problem solving, dan sebagainya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah…
a.           Film kartun memang menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak.
b.          Film kartun nyatanya juga memberikan dampak yang buruk.
c.           Namun, film kartun juga bisa memberikan dampak yang baik dan buruk untuk anak-anak.
d.          Film kartun sangat bagus untuk anak-anak
e.           Crayon Sinchan merupakan film yang tidak baik untuk anak.

30. Tekhnik Informatika adalah salah satu jurusan yang hingga kini masih menjadi primadona. Bagaimana tidak? Banyaknya lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tenaga kerja lulusan jurusan Tekhnik Informatika ini membuat siapapun berminat memilihnya. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga berminat memilih jurusan ini?
Apa yang salah dari segi kebahasaan dalam teks eksposisi di atas?
a.           Tidak adanya struktur isi teks eksposisi.
b.          Struktur kalimat yang tidak lengkap.
c.           Adanya kalimat yang ambigu.
d.          Terlalu banyak kalimat tanya.
e.           Penggunan kata tekhnik yang seharusnya teknik.

31. Saya tidak setuju jika harga BBM dinaikkan sekarang. Seharusnya pemerintah bisa lebih bijak lagi menghadapi permasalahan ekonomi seperti ini. Menaikkan harga BBM hanyalah akan membuat masyarakat menjadi semakin menderita. Oleh karena itu, sebagai warga negara seharusnya kita meminta pemerintah untuk menunda kenaikan harga BBM.
Mengapa paragraf di atas bukan termasuk eksposisi?
a.           Teks tersebut bersifat mempengaruhi pembaca.
b.          Teks tersebut terlalu frontal.
c.           Penulis terlalu menekan pemerintah.
d.          Argumen yang disampaikan tidak bersifat dua sisi.
e.           Teks tersebut bukan bagian struktur isi teks eksposisi.

32. Contoh kalimat efektif diantaranya… kecuali…
a.           Pemerintah harusnya tidak antirakyat.
b.          Kenaikan harga sembako membuat rakyat menjerit.
c.           Cara untuk merawat kulit adalah sangatlah mudah.
d.          Menjaga kesehatan tidaklah semudah yang dikira.
e.           Merawat kecantikan bukan hanya harus dilakukan dari luar tapi juga dari dalam.

33. “Oleh karena itu, kita sebagai warga SMA Negeri  yang baik harus mulai menjaga kebersihan sekolah. Sekolah yang bersih juga bisa mencerminkan kehidupan warganya.”
+++





Kalimat yang merupakan bagian dari teks eksposisi di atas tersebut termasuk ke dalam ....
a.           Argumentasi
b.          Tesis
c.           penegasan ulang
d.          deskripsi
e.           narasi





34. Pertanian merupakan salah satu sektor utama di negeri ini. Akan tetapi, kita ternyata masih sering mengimpor beras dari negara lain. Pada masa ini, kita semua dituntut untuk lebih kreatif lagi, terutama dalam masalah meningkatkan kualitas dan kuantitas ketersediaan bahan pangan seperti beras.
Paragraf tersebut termasuk ke dalam ....
a.           penegasan ulang
b.          argumentasi
c.           persuasi
d.          tesis
e.           narasi

35. Bantuan yang disalurkan oleh pemerintah daerah masih belum merata. Ada beberapa wilayah di daerah tersebut yang sama sekali belum tersentuh bantuan. Seharusnya pemerintah daerah lebih mengutamakan wilayah paling terpencil dan sulit dijangkau. Hal tersebut karena wilayah terpencil tersebut sangat membutuhkan bantuan.
Persamaan kata “mengutamakan” dari bagian teks eksposisi di atas adalah ....
a.           memajukan
b.          mengusulkan
c.           membiarkan
d.          mengharuskan
e.           mendahulukan

36. Permasalahan utama yang tengah dihadapi adalah bagaimana tumpukan sampah di sungai tersebut dibersihkan dalam waktu singkat. Ada dua pilihan yang bisa diambil oleh pihak terkait. Menyewa peralatan berat yang canggih ... membersihkan secara manual tetapi dengan konsekuensi akan selesai dalam waktu yang lama.
Kata penghubung yang tepat untuk paragraf teks eksposisi di atas adalah ....
a.           jika
b.          dengan
c.           dan
d.          atau
e.           tetapi

37. Kalimat di bawah ini yang merupakan pernyataan pribadi adalah ....
a.           Pendidikan di Indonesia semakin berkembang.
b.          Dewasa ini semakin banyak sekolah dengan kualitas internasional.
c.           Pendidikan yang baik akan memberikan pengaruh yang baik untuk masa depan negeri.
d.          Saya berpikir bahwa pendidikan sudah seharusnya menjadi fokus utama setiap orang
e.           Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi menjadi fokus keluarga tersebut

38. Persaingan di dunia bisnis memang tidak terduga. Para pelaku bisnis harus berusaha lebih keras lagi agar bisnis yang dijalankannya bisa terus berlanjut dan tetap memberikan keuntungan. Salah satu cara untuk meningkatkan bisnis yang dijalani adalah dengan terus berinovasi dan memperhatikan apa yang sedang terjadi di pasar.
Paragraf di atas termasuk ke dalam ....
a.           Persuasi
b.          Argumentasi
c.           penegasan ulang
d.          tesis
e.           narasi

39. Pembangunan di desa-desa sudah seharusnya diperhatikan oleh pemerintah terutama pemerintah daerah. Tidak bisa kita pungkiri, masih banyak desa-desa tertinggal yang bahkan belum mendapatkan aliran listrik. Saya pernah mengunjungi sebuah desa yang masih memprihatinkan keadaannya. Padahal tidak jauh dari desa tersebut, ada desa lain yang justru sudah mengalami kemajuan pesat.
Pronomina yang digunakan dalam bagian teks eksposisi di atas adalah ....
a.           saya, anda
b.          kamu, kita
c.           kita, saya
d.          anda, kita
e.           saya, kamu
40. Saya yakin bahwa seluruh pemuda pemudi di desa ini bisa bangkit dari keterpurukan. Salah satu caranya adalah dengan ditanamkannya jiwa mandiri dan semangat untuk berkarya.
Kata yakin dalam kalimat di atas termasuk verba yang menyatakan ....
a.           persepsi
b.          argumentasi
c.           ekspektasi
d.          kondisi
e.           deskripsi

41. Pemerataan pendapatan di perusahaan tersebut masih kurang. Ada seorang pekerja yang memiliki gaji yang bisa dikatakan tinggi dan ada pekerja yang gajinya sangat rendah. Sesuai hasil wawancara, orang-orang tertentu di dalam perusahaan yang memiliki hubungan darah atau pun pekerja titipan, umumnya akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi padahal posisi di perusahaan tersebut sama atau bahkan lebih rendah dari pekerja lainnya.
Kutipan teks eksposisi di atas termasuk ke dalam ....
a.           persepsi
b.          argumentasi
c.           deskripsi
d.          narasi
e.           persuasi

42. Materi perilaku hidup baik sebaiknya diajarkan di sekolah-sekolah, terutama untuk para siswa di tingkat sekolah dasar. Perilaku hidup yang baik memang perlu ditanamkan sejak dini. Salah satu peranan sekolah adalah untuk membuat siswa mengerti dan paham seperti apa itu berperilaku hidup yang baik. Materi dan penerapannya tidak hanya dipelajari saat pelajaran kewarganegaraan saja, tetapi juga di semua mata pelajaran dan dalam lingkungan sekolah sehari-hari.
Jika teks eksposisi di atas dikonversi menjadi teks drama singkat, siapakah yang tidak mungkin ada dalam penokohannya?
a.           kepala sekolah
b.          guru
c.           kasir bank
d.          komite sekolah
e.           pengawas sekolah
43. A : “Jadi, kita sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dengan mudah?”
B : “Iya, tentu saja. Sudah dengar tentang program kesehatan pemerintah yang baru, kan?”
A : “Iya iya. Waaah saya senang sekali kalau begitu.”
B : “Semua orang tentunya juga senang ha ha ha.”
Judul untuk teks eksposisi berdasarkan teks drama pendek hasil konversi di atas adalah ....
a.           Program Kesehatan
b.          Pelayanan Kesehatan Gratis
c.           Jagalah Kesehatan!
d.          Pentingnya Kesehatan untuk Masa Depan
e.           Kesehatan Masa Kini

44. Rumahnya sudah seperti hampir rubuh, dinding pun hanya terbuat dari bilik bambu yang rapuh. Tidak ada lantai keramik, yang ada hanyalah lantai tanah yang bergelombang. Rumah mereka hanya seukuran kotak kecil. Kamar, ruang keluarga, dan dapur berada di satu tempat. Sungguh sebuah pemandangan yang membuat hati ingin menangis.
Situasi yang digambarkan dalam teks drama pendek hasil konversi teks eksposisi tersebut adalah ....
a.           Bahagia
b.          penuh perjuangan
c.           menyenangkan
d.          memprihatinkan
e.           menggugah

45. Kalimat di bawah ini yang termasuk tesis atau pernyataan pendapat dalam teks eksposisi adalah ....
a.           Bunga terdiri dari beberapa bagian.
b.          Sekolah tersebut memiliki ruangan kelas yang kokoh.
c.           Penjualan barang elektronik tahun ini meningkat.
d.          Kita tentunya mengetahui bahwa globalisasi sudah terjadi dan sangat dekat.
e.           Manusia membutuhkan oksigen untuk bernapas.
46. Pahami kutipan teks berikut!
Sejarah memang telah membuktikan bahwa konflik selalu menimbulkan hal-hal negatif. Lihat saja Perang Dunia I, Perang Dunia II, yang kemudian dilanjutkan Perang Dingin. Kesemuanya muncul akibat adanya konflik.
Dalam teks eksposisi, kutipan teks di atas lebih tepat jika dimasukkan ke dalam bagian….


a.           Tesis
b.          Pernyataan umum
c.           Argumentasi
d.          Penegasan ulang
e.           Orientasi


47. Perhatikan teks berikut!
Bahasa Indonesia sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah bahasa Inggris. Ada banyak negara ASEAN yang menggunakan bahasa Indonesia di negaranya. Sebut saja Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam yang sudah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan bahasa Inggris. Bahkan, di Australia, bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA. Jadi, sudah sewajarnya bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di kawasan ASEAN.
Kata hubung yang digunakan sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks eksposisi di atas adalah….


a.           Yang
b.          selain itu
c.           bahkan
d.          dan
e.           jadi


48. Perhatikan teks eksposisi berikut!
Buku sejarah banyak yang mencatat bahwa Perang Dunia II dimulai karena Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939. Sumber-sumber konvensional menyalahkan pihak Jerman yang memulai perang yang paling mematikan sepanjang sejarah ini. Akan tetapi, tahukah Anda jika Jerman hanya melindungi warganya dari penyiksaan yang dilakukan warga Polandia pada bulan April tahun 1939. Kita dan dunia bahkan tidak tahu bahwa ada laporan yang menceritakan terjadi penganiayaan warga Jerman di perbatasan Danzig tanggal 13 April tahun yg sama. Ada banyak laporan penganiayaan, pengusiran, dan pembunuhan terhadap warga Jerman di seluruh wilayah Polandia.
Data-data tersebut membuat saya berkesimpulan bahwa Jerman melancarkan serangan hanya untuk melindungi warga dan mengamankan wilayah mereka.
Pronomina yang digunakan dalam teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali….


a.           Anda
b.          Saya
c.           Mereka
d.          Kita
e.           warga


49. Di bawah ini kalimat yang mampu digunakan sebagai tesis dalam teks eksposisi adalah….
a.           Selain konflik, salah satu sebab yang dapat memicu perang adalah kebutuhan akan sumber daya alam.
b.          Menurut John Rossa, hal yang tidak mungkin adalah wilayah kudeta yang hanya mencakup jakarta, padahal saat itu Partai Komunis Indonesia adalah partai yang cukup besar dengan simpatisan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
c.           Candi merupakan bangunan peribadatan pada masa purba yang merupakan peninggalan Hindu-Budha.
d.          Jadi, siswa-siswa kelas XII IPA 6 adalah atlet olahraga.
e.           Menurut para pakar geologi, Afghanistan ternyata menyimpan kandungan mineral yang melimpah yang mungkin menjadi penyebab diluncurkannya serangan ke Afghanistan oleh Amerika.

50. Perhatikan teks eksposisi berikut!
(1) Struktur bahasa akan memengaruhi pembentukan budaya serta tingkah laku.(2) Demikianlah teori yang pernah disampaikan oleh Sapir-Whorf. (3) Satu contoh yang pernah penulis temukan adalah mengenai perbedaan struktur bahasa jerman dengan bahasa Indonesia. (4)Dalam banyak hal, Struktur kalimat kompleks bahasa Jerman menekankan posisi predikat ada pada bagian akhir kalimat. (5)Jika kita ingin membentuk kalimat saya mau meminum kopi di kafe dalam bahasa Jerman, bentuk yang muncul adalah Ich moechte im kaffee einen kaffee trinken. (6)Bentuk kata trinken ‘meminum’ muncul pada bagian akhir kalimat. (7)Proses seperti ini ternyata berpengaruh pada cara orang Jerman yang selalu berusaha untuk tidak memotong pembicaraan saat berkomunikasi antarsesama. (8)Inilah satu alasan yang menunjukkan bahwa benarlah bahasa bisa memengaruhi budaya masyarakatnya.
Kalimat yang menunjukkan letak bagian argumen muncul pada nomor….


a.           1, 3, dan 4
b.          2, 3, dan 5
c.           3, 4, dan 5
d.          2, 5, dan 6
e.           2, 7, dan 8



 


 

 

 


 

 

 

23A

Petunjuk

Menentukan kalimat utama dapat dengan cara memperhatikan kalimat di awal dan akhir kalimat karena umumnya kalimat utama terletak di awal atau akhir kalimat.

Pembahasan

Kalimat utama merupakan kalimat yang mengandung gagasan utama dari sebuah paragraf. Kalimat utama ini bisa terletak di awal, akhir, dan awal dan akhir. Dalam paragraf di atas, kalimat yang mengandung gagasan utama terdapat dalam kalimat pertama sekaligus mengemukakan permasalahan yang akan dibahas.

24. d

Petunjuk

Pernyataan umum akan menginformasikan hal yang paling umum/global.

Pembahasan

Paragraf di atas mengemukakan pernyataan yang sangat umum yaitu penyebab pengeroposan tulang dan cara mengatasinya. Dengan demikian, bisa dikatakan ini adalah pernyataan umum atau tesis yang selalu ada di paragraf awal. Pernyataan umum ini bisa juga berupa pendapat atau definisi.

25. B

Petunjuk

Salah satu ciri kalimat kesimpulan adalah adanya konjungsi antarkalimat.

Pembahasan

Salah satu ciri kesimpulan adalah adanya oleh karena itu, maka dari itu, dengan begitu, atau dengan demikian. Dalam pilihan jawaban yang menggunakan salah satu konjungsi tersebut tersebut adalah dengan demikian, sebaiknya seluruh siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.Selain itu, dalam kalimat tersebut juga penulis menyimpulkan informasi yang disampaikan. Sedangkan pilihan jawaban yang lain tidak menunjukkan adanya kesimpulan dari informasi yang disampaikan.

26. E

Petunjuk

Cari jawaban yang bukan merupakan struktur isi teks ekposisi!

Pembahasan

Evaluasi struktur isi mencakup pernyataan umum/tesis, pembahasan lanjutan/keterangan, dan kesimpulan atau penegasan pendapat. Adapun penggunaan bahasa merupakan evaluasi bahasa teks eksposisi.

27. b

Petunjuk

Cari jawaban yang tidak berkaitan dengan tata bahasa. Ini akan membantu kalian dalam menjawab soal seperti ini.

Pembahasan

Faktor-faktor kebahasaan yang biasanya dievaluasi dalam teks eksposisi mencakup ejaan, tanda baca, kata-kata baku, struktur kalimat, dan keterpaduan paragraf. Dalam pilihan jawaban di atas, sangat jelas bahwa yang tidak termasuk segi kebahasaan adalah penggunaan istilah ilmiah . Dalam teks tentu sangat diperbolehkan menggunakan istilah ilmiah, kecuali jika penulisannya salah. Tapi hal ini masuk ke dalam ranah ejaan.

28. B

Petunjuk

Keterpaduan paragraf berarti antara paragraf satu dan lainnya menyambung atau menyatu.

Pembahasan

Mengetahui keterpaduan paragraf bisa dilakukan dengan mengamati dan memperhatikan keterkaitan satu paragraf dengan paragraf yang lain. Ketika membaca sebuah teks, pembaca akan langsung mengetahui adanya kejanggalan jika ternyata satu paragraf tidak padu dengan paragraf lainnya. Paragraf yang padu biasanya juga akan runtut dalam menjelaskan sesuatu sehingga pembaca bisa dengan mudah memahaminya.

29. B

Petunjuk

Cari kalimat yang sesuai dengan kalimat sebelumnya dan kalimat
selanjutnya!
Cari kalimat yang sesuai dengan kalimat sebelumnya dan kalimat
selanjutnya.

Pembahasan

Paragraf tersebut menginformasikan dampak buruk film kartun bagi anak-anak. Untuk mengetahui kalimat mana yang tepat kalian harus memperhatikan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat sebelumnya menginformasikan bahwa film kartun tidak baik ditonton oleh anak secara terus menerus. Pada kalimat selanjutnya juga diinformasikan tentang beberapa dampak buruk film kartun terhadap anak. Jadi, kata kuncinya adalah dampak buruk. Jawaban yang mengandung kata kunci dampak buruk dan sesuai dengan paragraf di atas adalah kalimat film kartun nyatanya juga memberikan dampak yang buruk.

30 E

Petunjuk

Carilah kata yang tidak baku dalam paragraf ini!

Pembahasan

Dalam paragraf di atas, jika diperhatikan merupakan bagian pernyataan umum dari teks eksposisi. Struktur kalimat yang digunakan juga sudah benar dan bisa dipahami dengan baik oleh pembaca (tidak ambigu). Meskipun dalam paragraf ini cukup banyak kalimat tanya, tapi ini tidak membuat pembaca menjadi bingung dan apa yang ingin disampaikan penulis juga tetap tersampaikan. Jadi, kesalahan dalam paragraf di atas terletak dari penggunaan kata tekhnik yang merupakan kata tidak baku, bentuk yang bakunya adalah teknik.

31 A

Petunjuk

Perhatikan apa yang terasa ganjal dalam teks eksposisi. Baik itu dari segi kebahasaan maupun struktur isi teks eksposisi.

Pembahasan

Dalam teks di atas sangat jelas bahwa penulis berusaha mengajak masyarakat untuk meminta pemerintah menunda kenaikan BBM. Padahal, dalam menulis eksposisi penulis hanya menginformasikan dan tidak berusaha mempengaruhi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah teks tersebut bersifat mempengaruhi pembaca.

32 C
Pilihlah kalimat yang mudah dipahami saat dibaca dan tidak terasa janggal. Kalimat efektif umumnya enak dibaca dan mudah dipahami.

Pembahasan

Kalimat efektif merupakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Dalam pilihan jawaban, kalimat yang tidak efektif adalah kalimat Cara untuk merawat kulit adalah sangatlah mudah. Kata adalah dalam kalimat ini seharusnya hilang menjadi “Cara untuk merawat kulit sangatlah mudah”. Kata *adalah * merupakan kata yang digunakan untuk menjelaskan definisi atau pengertian.

33 c

Petunjuk

Kalimat berisi penguatan pendapat dan biasanya berada dalam paragraf terakhir di dalam teks eksposisi

Pembahasan

Kata hubung antarkalimat oleh karena itu memiliki arti penegasan akan sesuatu hal yang sebelumnya dijelaskan dalam teks. Selain itu, terdapat kata harus yang merupakan penegasan terhadap pendapat penulis.

34 d

Petunjuk

Pernyataan pendapat terdapat pada paragraf awal.

Pembahasan

Paragraf tersebut termasuk ke dalam tesis atau pernyataan pendapat penulis, ditegaskan dengan adanya kalimat “Akan tetapi di era globalisasi ini, kita dituntut untuk lebih kreatif dan lebih maju baik dari segi pendidikan maupun dari segi ekonomi.”

 

35 E

Petunjuk

Persamaan kata atau sinonim merupakan padanan kata

Pembahasan

Persamaan kata yang tepat dari kata “mengutamakan” dalam teks eksposisi tersebut adalah “mendahulukan”. Berikut kalimatnya saat kata “mengutamakan” diganti dengan “mendahulukan”.
Seharusnya pemerintah daerah lebih mendahulukan wilayah paling terpencil dan sulit dijangkau.

 

36 d

Petunjuk

Kata penghubung atau digunakan untuk menunjukan pilihan.

Pembahasan

Paragraf dalam soal menunjukan pilihan pada subjeknya. Oleh karena itu, kata penghubung yang tepat adalahatau.

 

37. D

Petunjuk

Kalimat dengan pendapat pribadi umumnya menggunakan pronomina di dalamnya.

Pembahasan

Kalimat Saya berpikir bahwa pendidikan sudah seharusnya menjadi fokus utama setiap orang merupakan satu-satunya kalimat yang menggunakan pronomina “saya” dan merupakan kalimat dengan pendapat pribadi.

 

38 b

Petunjuk

Argumentasi dalam teks eksposisi merupakan fakta-fakta yang mendukung pendapat atau tesis.

Pembahasan

Paragraf dalam soal ini termasuk ke dalam argumentasi karena memaparkan fakta-fakta yang mendukung tesis penulisnya.

 

39 c

Petunjuk

Pronomina adalah kata ganti orang.

Pembahasan

Pronomina atau kata ganti orang dalam teks eksposisi tersebut adalah pronomina “kita” pada baris kedua dan pronomina “saya” pada baris ketiga.

 

40 a

Petunjuk

Paragraf akhir teks eksposisi umumnya mengandung persepsi dalam bentuk verba seperti percaya, yakin, dan optimis.

Pembahasan

Kalimat tersebut merupakan paragraf terakhir dari teks eksposisi yang merupakan paragraf dengan persepsi penulis. Dalam hal ini, penulis mengajak pembaca untuk setuju dengan apa yang diungkapkan oleh penulis dengan persepsinya.

 

41 b

Petunjuk

Isi paragraf menunjukan fakta yang mendukung pendapat dari penulis.

Pembahasan

Teks eksposisi salah satunya berisi argumentasi yang merupakan berbagai fakta yang menguatkan pendapat pribadi dari penulis. Apa yang tertulis dalam paragraf tersebut merupakan argumentasi yang menguatkan pendapat penulis.

 

42 c

Petunjuk

Penokohan harus sesuai dengan tema teks.

Pembahasan

Tema teks eksposisi tesebut adalah pendidikan. Jika akan mengkonversi menjadi drama singkat, penokohan sangat tepat ditujukan pada tokoh dalam dunia pendidikan. Satu satunya penokohan yang bukan di bidang pendidikan pada pilihan jawaban adalah kasir bank. Akan membutuhkan pengantar situasi yang panjang jika tema teks eksposisi tersebut disampaikan oleh kasir bank.

 

43 B

Petunjuk

Percakapan dalam teks drama pendek bisa menjadi acuan untuk mengetahui bagaimana teks eksposisinya dan penentuan judul dari teks eksposisi tersebut.

Pembahasan

Judul yang paling tepat adalah “Pelayanan Kesehatan Gratis”. Di dalam teks drama tersebut, tokoh A menyebut tentang pelayanan kesehatan gratis. Pembahasan dalam teks drama pendek ataupun teks eksposisinya tidak jauh dari masalah pelayanan kesehatan gratis.

 

44 d

Petunjuk

Judul teks sudah menggambarkan situasi utama dalam teks.

Pembahasan

Teks drama pendek tersebut dikonversi dari teks eksposisi yang memang berisi situasi memprihatinkan dari sebuah sekolah dasar. Situasi memprihatinkan juga digambarkan dalam dialog drama pendek tersebut.

 

45 D

Petunjuk

Pernyataan pendapat atau tesis umumnya diselingi dengan penggunaan pronomina.

Pembahasan

Kata kita dalam kalimat kita tentunya mengetahui bahwa golbalisasi sudah terjadi dan sangat dekat merupakan pronomina.Pronomina merupakan ciri dalam pernyataan pendapat atau tesis dari sebuah teks eksposisi.
46. D

Petunjuk

Buang yang bukan bagian struktur eksposisi lalu pahami bahwa tesis hanya berupa pernyataan, argumentasi hanya berisi alasan atas tesis, dan penegasan ulang adalah pernyataan tesis yang dilengkapi oleh argumentasi.

Pembahasan

Ciri tesis biasanya singkat dan mengandung tema. Ia belum memiliki pembuktian dan alasan, sedangkan argumentasi biasanya hanya berupa penunjukan fakta dan alasan. Kutipan teks di atas justru mengandung dua hal (bisa jadi merupakan gabungan antara tesis dan argumentasi): pernyataan penulis dan pemberian alasan. Dengan demikian, ini adalah bagian dari penegasan ulang.

 

47. E

Petunjuk

Karena penegasan ulang muncul pada akhir teks, kalian dapat mencari kata hubung yang digunakan di dalam kalimat terakhir.

Pembahasan

Tesis dapat ditegaskan kembali pada akhir teks dengan menggunakan kata hubung yang menunjukkan hubungan sebab-akibat. Kata yang dimaksud muncul pada kalimat terakhir, yaitu kata jadi. Namun, yang dapat menjadi catatan adalah kata bahkan. Kata bahkan memang muncul untuk memberikan makna penegasan, tetapi penegasan yang dilakukan hanya sebatas menegaskan kembali contoh, bukan menegaskan tesis.
Pada opsi yang, kata yang digunakan sebagai penanda keterangan perluasan kemudian kata selain it serta dan digunakan sebagai penanda tambahan.

 

48. E

Petunjuk

Salah satu jenis pronomina adalah pronomina persona (kata ganti orang), cari yang bukan bagian dari jenis tersebut!

Pembahasan

Pronomina atau kata ganti adalah kata yang digunakan untuk menggantikan penggunaan nomina/kata benda. Ada tiga jenis pronomina di dalam bahasa Indonesia, yaitu pronomina persona, penunjuk, dan penanya. Anda, saya, mereka, kita merupakan bagian dari pronomina persona (kata ganti orang). Kata warga berjenis nomina (kata depan) dan bukan pronomina.

 

49. A

Petunjuk

Cari suatu kalimat yang berisi pendapat yang bisa dijadikam sebagai fondasi/dasar pemikiran! Pernyataan tersebut harus bisa dikembangkan dengan menambahkan alasan atau pembuktian.

Pembahasan

Tesis adalah suatu pernyataan/pandangan penulis tentang suatu permasalahan yang akan dibuktikan oleh argumen.Oleh karena itu, kalimat yang dapat menjadi tesis ada pada kalimat yang mengenai sumber daya alam sebagai alasan munculnya peperangan.
Menurut John Rossa, hal yang tidak mungkin adalah wilayah kudeta yang hanya mencakup jakarta, padahal saat itu Partai Komunis Indonesia adalah partai yang cukup besar dengan simpatisan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Menurut para pakar geologi, Afghanistan ternyata menyimpan kandungan mineral yang melimpah yang mungkin menjadi penyebab diluncurkannya serangan ke Afghanistan oleh Amerika.
Kedua kalimat tersebut berisi argumen karena menyajikan bukti berdasarkan pernyataan ahli.

 

50. C

Petunjuk

Carilah kalimat yang mengandung alasan untuk membuktikan tesisnya. Pahami dan perhatikan bahwa tesis akan muncul di bagian awal teks dan argumentasi muncul setelahnya.

Pembahasan

Kalimat argumen adalah kalimat yang berisi alasan atau pembuktian terhadap tesis yang ditawarkan. Kalimat nomor 1 dan 2 berisi tesis eksposisi. Tesis ini kemudian diperkuat dan dibuktikan oleh kalimat No 3 – 7. Kalimat No. 8 berisi penegasan ulang atas tesis yang telah disampaikan.