ikla

Thursday, 15 December 2016

Soal dan Pembahasan Teks Laporan Hasil Observasi: Menentukan Ide Pokok




Bacalah penggalan teks laporan hasil observasi berikut dengan saksama !

(1) Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. (2) Wayang kulit dilihat dari umur, dan gaya pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis. (3) Wayang wong adalah salah satu pertunjukkan wayang yang diperankan langsung oleh orang. (4) Wayang golek adalah jenis wayang yang mempertunjukkan boneka kayu. (5) Ada juga wayang suket yaitu wayang yang terbuat dari rumput dan wayang motekar atau wayang plastik berwarna. (6)Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan.

1.    Ide pokok paragraf di atas adalah ….
A.    Wayang adalah seni pertunjukan warisan budaya asli Indonesia.
B.    Wayang merupakan budaya asli dan wujud ekspresi kebudayaan Indonesia.
C.    Wayang wong adalah pertunjukkan yang diperankan langsung oleh orang.
D.    Wayang golek adalah jenis wayang yang mempertunjukkan boneka kayu.
E.    Wayang suket yaitu wayang yang terbuat dari rumput

PEMBAHASAN:

Berikut ini cara mengerjakan soal di atas:

pertama, cari kalimat utama paragraf di atas. Kedua, setelah kita menemukan kalimat utama, kalimat utama itu kita tentukan inti sarinya. Inti suatu kalimat utama adalah ide pokok.
Kalimat Utama di atas ada dua yaitu:
(1) Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia; dan (6)Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Paragraf di atas termasuk jenis paragraf campuran.

Dua kalimat di atas kita simpulkan. Jawabannya adalah B Wayang merupakan budaya asli dan wujud ekspresi kebudayaan Indonesia.

No comments:

Post a Comment