Wednesday 18 November 2015

KISI-KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA SMA/MA 2015-2016


KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016


1.   Bahasa Indonesia IPA/IPS/Keagamaan


Level Kognitif

Membaca Nonsastra

Membaca satra

Menulis terbatas
Menyunting Kata, Kalimat,
dan Paragraf
Menyunting Ejaan dan
Tanda Baca
Pemahaman dan
Pengetahuan
·   Mengidentifikasi
·   Memaknai
Siswa mampu
-  memaknai istilah
-  mengidentifikasi informasi tersurat
Siswa mampu
- mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/ kias dalam karya sastra
- memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Siswa mampu
- menentukan istilah/ kata yang tepat sesuai konteks
Siswa mampu
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
- mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kalimat
- mengartikan kata
Siswa mampu
-  mengidentifikasi kesalahan pengguanaan ejaan (judul
sapaan/gelar, nama kota, kata depan)
-  mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Aplikasi
·   Menginterpretasi
·   Menangkap
·   Menggunakan
Siswa mampu
- menemukan ide pokok
- menemukan inti kalimat
- menentukan makna rujukan
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
Siswa mampu
-  menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (sebab onflik, akibat konflik, nilai moral)
-  menyimpulkan hubungan antar bagian
cerpen/novel
Siswa mampu
-  melengkapi unsur teks eksposisi
-  melengkapi unsur teks deskripsi
-  melengkapi unsur teks narasi
-  melengkapi teks sastra
-  melengkapi teks ulasan
-  melengkapi teks prosedur
Siswa mampu
-  menggunakan istilah dalam kalimat
-  menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Siswa mampu
-  menggunakan ejaan
-  menggunakan tanda baca




KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016



Level Kognitif

Membaca Nonsastra

Membaca satra

Menulis terbatas
Menyunting Kata, Kalimat,
dan Paragraf
Menyunting Ejaan dan
Tanda Baca
Penalaran
·   Membandingkan
·   Menunjukkan
Bukti
·   Menganalisis
·   Menanggapi/ Mengomentari
·   Merefleksi
·   Mengevaluasi
Siswa mampu
- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks
- menyimpulkan
perbedaan dan persamaan isi
- membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
- mengomentari isi teks
- menunjukkan bukti suatu simpulan
Siswa mampu
-  membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
-  menganalisis hubungan antar bagian karya sastra
-  membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
-  mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
-  menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
-  meringkas isi karya sastra
Siswa mampu
-  mengurutkan unsur teks
-  memvariasikan kata yang bermakna sama
-  memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
-  menyusun paragraf dari beberapa data
-  menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
- memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf
- menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat paragraf
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
- menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca




KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016


2.   Bahasa Indonesia - Bahasa


Level Kognitif

Membaca non sastra

Diksi

Struktur Kebahasaan
Pemahaman
·    Mengidentifikasi
·    Memaknai
Siswa mampu
-  Mengidentifikasi kata
-  Mengidentifikasi unsur teks
-  Mengidentifikasi makna tersurat
Siswa mampu
-  Menentukan kata/istilah sesuai konteks
-  Mengidentifikasi struktur teks nonsastra
Siswa mampu
-  Mengidentifikasi bentuk teks
-  Mengidentifikasi  tata makna
-  Mengidentifikasi tata bentukan
-  Mengidentifikasi tata kalimat
Menafsirkan/aplikasi
·    Menginterpretasi
·    Menangkap informasi implisit
·    Menggunakan
Siswa mampu
-  Menyimpulkan isi tersirat
-  Menginterpretasi hubungan unsur
-  Mengklasifikasi isi
Siswa mampu
-  Melengkapi kata, kalimat, paragraf
Siswa mampu
-  Menganalisis tata makna
-  Menganalisis tata bentukan
-  Menganalisis tata kalimat
-  Menggunakan teori kebahasaan untuk mengklasifikasi teks
Penalaran
·    Membandingkan
·    Menunjukkan bukti
·    Menganalisis
·    Menanggapi/mengomentari
·    Merefleksi
·    Mengevaluasi
·    Mengkreasi
Siswa mampu
-  Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
-  Menganalisis hubungan antar
unsur
-  Membandingkan pola penulisan
-  Meringkas isi
-  Menanggapi/mengomentari isi teks
Siswa mampu
-  Mengurutkan unsur teks nonsastra
-  Memvariasikan bagian teks (kata, kalimat, paragraf)
-  Memvariasikan/kalimat kritikan/pujian
Siswa mampu
-  Memperbaiki kesalahan dari segi tata makna
-  Memperbaiki kesalahan dari segi tata bentukan
-  Memperbaiki kesalahan dari segi tata kalimat
-  Membandingkan untuk menentukan perbedaan dan persamaan teks




KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016


3.   Sastra Indonesia - Bahasa


Level Kognitif

Membaca sastra

Menulis sastra

Aspek Kesastraan
Pengetahuan dan pemahaman
·   Mengidentifikasi
·   Memaknai
Siswa mampu
-  mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias  dalam karya sastra
-  mengidentifikasi unsur karya sastra
-  memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Siswa mampu
-  menentukan majas/makna simbolik
-  mengidentifikasi struktur teks sastra
Siswa mampu
- mengidentifikasi bentuk karya sastra
- mengidentifikasi aspek kesastraan pada puisi, prosa fiksi, dan drama
Menafsirkan/aplikasi
·   Menginterpretasi
·   Menggunakan
Siswa mampu
- menyimpulkan isi  tersirat dalam karya sastra
- menginterpretasi hubungan isi dalam karya sastra
- mengklasifikasi karya sastra
Siswa mampu
- melengkapi unsur karya sastra puisi
- melengkapi karya sastra prosa fiksi
- melengkapi karya sastra drama
Siswa mampu
-  menganalisis aspek kesastraan pada puisi
-  menganalisis aspek kesastraan pada prosa fiksi
-  menganalisis aspek kesastraan pada drama
-  menggunakan teori sastra untuk mengklasifikasi
Penalaran
·   Membandingkan
·   Menunjukkan bukti
·   Menganalisis
·   Menanggapi/mengomentari
·   Merefleksi
·   Mengevaluasi
·   Mengkreasi
Siswa mampu
-  membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
-  menganalisis hubungan antar unsur dalam karya sastra
-  menganalisis bukti
-  mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
-  menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
-  membandingkan pola karya sastra
(berdasarkan gaya, tema, unsur)
-  meringkas isi karya sastra
-  menanggapi/mengomentari isi karya sastra
Siswa mampu
- mengurutkan unsur teks sastra
- memvariasikan unsur karya sastra bebentuk puisi
- memvariasikan karya sastra yang berbentuk prosa fiksi
- memvariasikan karya sastra yang berbentuk drama
- menyusun kritik dan esai
- memvariasikan kalimat pada kritik dan esai
Siswa mampu
-  mengkritik aspek kesastraan pada puisi
-  mengkritik aspek kesastraan pada prosa fiksi
-  mengkritik aspek kesastraan pada drama
-  membandingkan untuk menentukan perbedaan dan persamaan karya sastra


No comments:

Post a Comment