latihan soal bahasa indonesia kelas 10 beserta pembahasan

Posted by wew Tuesday, 13 October 2015 1 komentar

latihan soal bahasa indonesia kelas 10 beserta pembahasan

1.    Jagung menjadi salah satu bahan pangan yang bisa menggantikan posisi beras. Kalimat yang merupakan bagian dari teks prosedur kompleks di atas tersebut termasuk ke dalam jenis kalimat ....
a.    deklaratif
b.    perintah larangan
c.    perintah biasa
d.    interogatif
e.    perintah permintaan
A
Jenis kalimat bisa dilihat dari sifat dan informasi yang disampaikannya.
Explanation
Kalimat tersebut berisi informasi mengenai jagung. Kalimat yang memberikan informasi kepada pembacanya tanpa adanya penekanan dalam isinya termasuk ke dalam kalimat deklaratif.

2.    Kalimat yang mengandung konjungsi temporal di bawah ini adalah ....
a.    Ambil bagian batang kayu tersebut kemudian rendam sampai semua bagian tertutup air.
b.    Balik-balikan adonan sampai tercampur rata.
c.    Langkah kedua putar keran sampai batas putarnya.
d.    Perhatikan perubahan yang terjadi selama pemanasan dilakukan.
e.    Langkah-langkah tersebut di antaranya sebagai berikut.
A
Memahami kembali pengertian konjungsi temporal dan pengaplikasiannya dalam sebuah teks prosedur kompleks.
Explanation
Konjungsi temporal merupakan jenis konjungsi yang mengarah pada urutan waktu. Pada kalimat ambil bagian batang kayu tersebut kemudian rendam sampai semua bagian tertutup air terdapat konjungsi temporal yaitu kemudian.

3.    (1) Siapkan air dalam wadah khusus untuk menyiram, (2) taburkan pupuk kandang di sekitar batang bawah pohon jeruk, (3) siram dengan perlahan bagian atas pohon jeruk. Judul yang tepat untuk bagian teks prosedur kompleks di atas adalah ....
a.    Penanaman Pohon Jeruk
b.    Cara Memanen Jeruk yang Baik
c.    Pemilihan Bibit Jeruk
d.    Perawatan Pohon Jeruk
e.    Cara Menyiram Pohon Jeruk
D
Perhatikan setiap kalimat dalam teks dengan baik untuk bisa menentukan judul yang tepat untuk teks tersebut.
Explanation
Perhatikan setiap kalimat dari langkah-langkah tersebut. Setiap kalimat mengarah pada proses perawatan sesuatu. Dalam hal ini adalah proses merawat pohon atau tanaman jeruk dengan menyiramnya menggunakan air dan memberikan pupuk kandang. Judul yang paling tepat adalah “Perawatan Pohon Jeruk” .
4.    Rangkaian listrik dengan sistem yang baik menjadi hal yang harus dicapai.          Bagian teks prosedur kompleks di atas termasuk ke dalam ...
a.    pendahuluan
b.    langkah-langkah
c.    bahan atau alat
d.    tujuan
e.    kalimat penutup
D
Perhatikan isi kalimat dan temukan makna di dalamnya.
Explanation
Kalimat tersebut mengandung kata “dicapai” pada akhir kalimat yang mengarah pada harapan yang diinginkan terjadi. Kalimat tersebut termasuk ke dalam bagian tujuan dari sebuah teks prosedur kompleks.
5.    Kalimat di bawah ini merupakan bagian dari teks prosedur kompleks yang termasuk kalimat perintah biasa, kecuali ....
a.    Masukan bahan A ke dalam campuran bahan B dalam wadah biru.
b.    Biarkan mendidih selama tiga menit baru matikan api.
c.    Lakukan pemeriksaan setiap dua jam sekali.
d.    Aktifkan kembali telepon seluler setelah dua menit.
e.    Jangan gunakan tangan telanjang untuk mengambil akar pohon ini.
E
Perhatikan dengan baik setiap kalimat dalam opsion dan cari satu kalimat yang berbeda
Explanation
Kalimat yang tidak termasuk ke dalam kalimat perintah biasa dalam opsion-opsion di atas adalah Jangan gunakan tangan telanjang untuk mengambil akar pohon ini. Kalimat pada tersebut merupakan jenis kalimat yang mengandung perintah larangan, hal tersebut dibuktikan dengan adanya perintah larangan “jangan gunakan”.
6.    Kalimat yang merupakan pendahuluan dalam sebuah teks prosedur kompleks di bawah ini adalah ....
a.    Gunakan pemotong tajam yang steril.
b.    Jalan layang menjadi solusi tersendiri untuk mengatasi kemacetan.
c.    Untuk mendapatkan kulit bersih dan putih bisa menggunakan cara-cara berikut.
d.    Jangan satukan bahan kental dengan bahan-bahan kering terlebih dahulu
e.    Kupaslah bagian kulitnya setipis mungkin.
B
Pendahuluan berisi kalimat yang memberikan informasi umum untuk pembaca.
Explanation
Kalimat yang mengandung informasi umum dari semua opsion tersebut adalah kalimat Jalan layang menjadi solusi tersendiri untuk mengatasi kemacetan. Tidak ada kalimat perintah atau urutan di dalamnya, hanya informasi secara umum yang disampaikan yaitu tentang jalan layang.

7.    Kalimat dalam teks prosedur kompleks berikut yang tidak mengandung partisipan di dalamnya adalah ....
a.    Pengendara diharuskan memiliki SIM yang masih berlaku.
b.    Pembuat harus mencampurkan semua bahan dalam satu wadah.
c.    Pemohon diwajibkan membawa semua jenis dokumen asli ke kantor cabang.
d.    Bawalah semua berkas yang diminta oleh perusahaan tersebut.
e.    Para penjual semakin pintar memasarkan produk-produk baru.
D
Untuk mencari kalimat yang mengandung partisipan, carilah subjek orang di dalam kalimat.
Explanation
Partisipan dalam teks prosedur kompleks umumnya adalah orang atau subjek manusia dalam sebuah kalimat. Hanya ada satu opsion yang tidak memiliki partisipan di dalamnya yaitu pada kalimat Bawalah semua berkas yang diminta oleh perusahaan tersebut.
Partisipan pada kalimat pengendara diharuskan memiliki SIM yang masih berlaku adalah pengendara.
Partisipan pada kalimat * pembuat harus mencampurkan semua bahan dalam satu wadah* adalah pembuat.
Partisipan pada kalimat pemohon diwajibkan membawa semua jenis dokumen asli ke kantor cabang adalah pemohon.
Partisipan pada kalimat para penjual semakin pintar memasarkan produk-produk baru adalah para penjual.

8.    Pertama-tama bersihkan setiap ubi dari kulitnya, kedua cuci bersih ubi yang telah dikupas, dan ketiga potong-potong ubi seukuran jari telunjuk.                  
Kalimat yang merupakan bagian dari teks prosedur kompleks di atas merupakan jenis kalimat ... dan menggunakan ... di dalamnya.
a.    Deklaratif, verba material
b.    Imperatif, konjungsi temporal
c.    Interogatif, konjungsi temporal
d.    Deklaratif, konjungsi temporal
e.    Imperatif, partisipan
B
Perhatikan kalimat dengan baik dan apa saja yang digunakan di dalamnya.
Explanation
Kalimat di atas menggunakan verba yang berisi perintah dan menunjukan urutan proses sesuatu. Kalimat berisi perintah termasuk ke dalam kalimat imperatif dan urutan proses dalam kalimat menggunakan konjungsi temporal. Jadi, kalimat tersebut termasuk kalimat imperatif dan menggunakan konjungsi temporal di dalamnya.

9.    Mari atur meja-meja tersebut dengan rapi dan menempel ke tembok.       
Kalimat yang menjadi bagian dari teks prosedur kompleks tersebut termasuk jenis kalimat ....
a.    perintah larangan
b.    deklaratif
c.    interigatif
d.    perintah ajakan
e.    perintah interogatif
D
Perhatikan kata perintah yang digunakan dalam kalimat tersebut.
Explanation
Dalam kalimat tersebut terdapat kata “mari” yang berarti sebuah ajakan untuk melakukan sesuatu. Hal tersebut menunjukan bahwa kalimat Mari atur meja-meja tersebut dengan rapi dan menempel ke tembok merupakan jenis kalimat perintah ajakan.

10.    Unsur yang diperlukan untuk mengubah teks prosedural kompleks menjadi drama adalah, kecuali….
a.    tokoh
b.    dialog
c.    solilokui
d.    lakuan
e.    latar
C
Untuk melihat yang tidak diperlukan dalam konversi prosedur kompleks ke drama, ingat kembali unsur-unsur pembentuk drama!
Explanation
Drama yang muncul dari sumber teks prosedur kompleks harus memiliki unsur-unsur tokoh, dialog (yang terpenting), lakuan, dan latar (opsional). Solilokui tidak dibutuhkan mengingat definisi solilokui yang berisi ungkapan hati yang dilisankan untuk diri sendiri dan bukan untuk orang lain, sedangkan prosedur kompleks menginginkan agar langkah yang disampaikan dapat diketahui pihak tertentu.

11.    Bagian drama yang memuat kisah kecil yang menjadi keseluruhan drama adalah….
a.    Adegan
b.    Babak
c.    Dialog
d.    Epilog
e.    Prolog
B
Berisi gabungan atas segala unsur drama yang menjalin cerita.
Explanation
Bagian drama yang memuat kisah kecil yang menjadi keseluruhan drama adalah babak. Ia dapat disebut juga sebagai potongan-potongan kisah yang membentuk satu-kesatuan alur drama. Satu babak berisi prolog, epilog, dan beberapa bagian adegan dan unsur dialog.

12.    Perhatikan kutipan drama berikut!
Riandes : Ahh...susah sekali mau bikin tendangan pisang!
Andik : Ndes, Nendangnya gak ngasal, ada tekniknya...sini aku ajarin!
Riandes : Boleh, coba ajari aku, Ndik!
Andik : yang Kamu tendang harus bagian bawah ke bola. Kalo Kamu pakai kaki kanan, tendang dari dari arah samping dalam bola. Tendang pakai bagian luar kaki kamu biar bolanya berputar dan berbelok di udara. Coba sekarang Kamu praktekan!
                  (…)
Riandes :Wah, iya, akhirnya melengkung walau sedikit. Ternyata lebih mudah kalau tahu langkah-langkahnya, ya.
Andik :Ya, pastinya...sesuatu tanpa teori pasti akan susah.

Lakuan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang di atas adalah.…
a.    Mencoba mempraktikkan langkah yang disampaikan Andik
b.    Pergi menjauh sambil memasang tampang cuek.
c.    Melihat dengan pandangan mata terpesona
d.    Bertepuk tangan dan berteriak-teriak
e.    Bertepuk tangan lalu mengacungkan jempol pada Andik.
A
Untuk melihat teks lakuan mana yang tepat untuk bagian rumpang dalam kutipan drama di atas, kita perlu melihat dialog yang muncul sebelum dan sesudahnya.
Explanation
Lakuan adalah instruksi tindakan yang harus dilakukan oleh pemeran. Lakuan disesuaikan dengan adegan. Untuk itu, kita harus melihat dialog yang muncul sebelum dan sesudahnya. Rianto menyatakan rasa gembiranya karena berhasil mempraktikkan teori yang dijelaskan temannya sehingga lakuan yang cocok adalah * mencoba mempraktikkan langkah yang disampaikan Andik*.

13.    Perhatikan kutipan drama di bawah ini!
A. Sato : Eh, Budi, ada apa Bud? Tumben sore-sore kemari?
B. Budi : To, ada waktu gak? Minta ajarin melukis di atas kanvas dengan cat minyak dong!
C. Sato : melukis di atas kanvas itu mengasyikkan Bud. Teknik yang digunakan untuk
melukis di kanvas dengan cat minyak juga gak sulit kok, hanya butuh kesabaran
dan ketelatenan walau dibutuhkan keberanian dalam aplikasi warna tentunya.
D. Budi : Ah, masak sih? Keliatannya sulit? Jadi tambah penasaran nih..saya sudah siapin
semua peralatannya nih, kuas, palet, pensil gambar, penghapus, cat minyak…udah semua kan? Atau ada yang kurang?
E. Sato : udah semua kok. Nah, pertama kamu coba gambar dulu sketsanya di kanvas. Jangan terlalu tebal biar nanti pas dicat tidak terlalu kelihatan garis. Kalau sketsa sudah jadi, coba kamu mulai lakukan campuran warna. Ada teknik dalam mencampur warna….    
Bagian yang menunjukkan tujuan prosedur kompleks ada pada ….
a.    A
b.    B
c.    C
d.    D
e.    E
C
Ingat kembali pengertian tujuan dalam teks prosedur kompleks!
Explanation
Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai setelah kita melakukan urutan langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks. Berdasarkan drama di atas, tujuan teks prosedur kompleks adalah mampu memciptakan lukisan di atas kanvas dengan menggunakan cat minyak. Tujuan pada penggalan drama di atas muncul pada bagian C.

14.    Perhatikan kutipan teks prosedur kompleks di bawah ini!
Ingin menanam pohon buah, tetapi tidak memiliki lahan? Anda bisa mencoba sistem tabulapot (tanaman buah dalam pot). Tekniknya cukup sederhana dan mudah diaplikasikan. Tanaman pun lebih cepat berbuah. Pertama, siapkan media tanamnya berupa tong atau pot dan isi dengan tanah yang telah dicampur oleh kompos…..
Jika teks di atas kalian ubah menjadi penggalan drama, tempat yang tepat untuk dijadikan latar adalah….
a.    Kelas
b.    Kantin
c.    kebun
d.    pasar
e.    laboratorium
C
Pahami terlebih dahulu tema teks prosedur kompleks untuk mengetahui latar tempat yang cocok!
Explanation
Salah satu unsur intrinsik yang wajib dimasukkan dalam prosa/narasi adalah latar. Latar adalah pendeskripsian keadaan tempat, waktu, dan suasana. Latar tempat adalah di mana peristiwa terjadi. Jika teks prosedur tersebut bertemakan proses menanam buah dalam pot, latar tempat yang paling cocok ada pada kebun.

15.    Perhatikan drama pendek di bawah ini!
Bimo : San, kamu jadi ikut program magister di UI?
Sandi : Jadi..kenapa memangnya?
Bimo : Saya udah daftar tapi bingung bayarnya…
Sandi : bayar di atm aja lebih simpel gak pake antre. Kamu punya rekening apa?
Bimo : oh bisa ya? ada rekening BNI.
Sandi : Nah, cara pembayaran melalui ATM BNI itu mudah, pertama masuk ke menu Transaksi Lainnya, lalu pilih menu Pembayaran, pilih menu Pendidikan. Setelah itu kamu masukkan nomor pelanggan.
Bimo : Nomor pelanggan maksudnya?
Sandi : masukkan kode institusi dan nomor registrasi. Contohnya, kode UI itu 050 dan setelah itu maukkan nomor registrasi kamu...setelah itu, ikuti petunjuknya saja…gampang kan?

Judul teks prosedur kompleks yang tepat berdasarkan dialog drama di atas adalah….
a.    Tata Cara Pendaftaran Program Magister UI
b.    Prosedur Registrasi Ujian UI
c.    Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM BNI
d.    Tata Cara Membuka Rekening di Bank
e.    Tata Cara Pembayaran Registrasi Program Magister UI
C
Untuk menentukan judul yang tepat, perhatikan dan pahami tujuan yang dibahas dalam drama di atas!
Explanation
Judul teks prosedural kompleks dapat dilihat dari tujuan dan langkah-langkah yang muncul dalam drama di atas. Tujuan prosedur kompleks pada drama tersebut muncul pada dialog tuturan ketiga Sandi, yaitu mudahnya melakukan pembayaran registrasi program magister SIMAK melalui ATM BNI. Dengan demikian, judul yang tepat adalah Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister SIMAK UI via ATM BNI.
16.    Unsur tokoh dalam drama sama dengan salah satu ciri unsur kebahasaan dalam teks prosedur kompleks. Unsur yang dimaksud adalah….
a.    Verba material
b.    Verba tingkah laku
c.    Konjungsi temporal
d.    Partisipan
e.    Imperatif
D
Sesuatu yang terkait pelaku dalam berkomunikasi, seperti komunikator dan komunikan.
Explanation
Dalam teks prosedur kompleks, terdapat satu ciri yang dapat kita jadikan tokoh saat teks tersebut kita konversi ke dalam bentuk drama. Unsur kebahasaan yang dimaksud adalah partisipan manusia. Partisipan adalah semua manusia dan siapa saja yang ditargetkan dalam teks tersebut. Jika prosedur kompleks muncul dalam bentuk lisan, partisipan dapat diganti dengan penggunaan pronomina orang, seperti Anda atau kamu.
17.    Perhatikan teks prosedur kompleks di bawah ini!
Informasi data pribadi pada E-KTP Anda salah? Frustrasi karena perbaikannya memakan waktu yang lama karena pembuatan E-KTP masih dipegang oleh Depdagri ? Tidak usah pusing. Buat saja KTP siak sambil menunggu E-KTP selesai diperbaiki. Caranya, datanglah ke RT setempat untuk meminta surat pengantar pembuatan KTP siak. Setelah itu, datanglah ke RW untuk meminta tanda tangan dan cap stempel. Setelah mendapatkan tanda tangan, datanglah ke kelurahan untuk mendapatkan surat pengantar untuk ke kecamatan. Di kecamatan, berkas dari kelurahan kita berikan ke loket pelayanan pembuatan KTP siak. Waktu pembuatan adalah satu minggu. Jangan langsung pulang karena kita akan diberikan surat bukti pembuatan KTP sebagai pengganti bukti identitas kita yang masih dalam proses pembuatan.
Jika teks di atas diubah menjadi bentuk drama pendek, tokoh yang dapat dimunculkan, kecuali ….
a.    Pemohon KTP
b.    RT
c.    Lurah
d.    RW
e.    Camat
E
Tokoh yang muncul harus merupakan partisipan yang dibutuhkan dalam langkah-langkah.
Explanation
Tokoh yang dimunculkan dalam drama harus disesuaikan dengan partisipan yang kemungkinan muncul dalam langkah-langkah/ prosedur kompleks pembuatan KTP siak. Dalam pembuatan KTP, partisipan yang tidak perlu dimunculkan adalah camat karena yang bersangkutan tidak perlu turun tangan dalam pembuatan KTP.
18.    Perhatikan drama berikut!
Orang 1 : Pagi, Pak. Saya mau perpanjang SIM.
Petugas : langsung ambil formulirnya Dek. Jangan lupa siapkan fotokopi KTP dan SIM yang asli.
(Orang 1 mengambil formulir, mengisinya, lalu menyerahkan kembali formulirnya)
Petugas : Silakan tunggu, nanti akan dipanggil sesuai nomor antrean di formulir.
(Orang 1 dipanggil oleh petugas)
Petugas : tunggu giliran di foto ya…mana fotokopi KTP dan SIM lamanya?
Orang 1 : Oh..ini Pak.
Petugas : Oh ya, mau bikin STNK atau ada yang mau bikin SIM baru? Kalo ada, ke saya saja, lima ratus ribu sudah tinggal foto...prosesnya cepet daripada harus ke polres.
Orang 1 : Oh, terima kasih Pak…Lain kali jika saya butuh.
(Orang 1 difoto, pengambilan sidik jari, dan menunggu)
Petugas : Ini Dek, SIM barunya, biayanya seratus lima puluh.
Berdasarkan dialog drama di atas, hal-hal yang tidak termasuk ke dalam langkah perpanjangan SIM adalah….
a.    Menyiapkan fotokopi KTP
b.    Menyerahkan SIM lama
c.    Mengisi formulir
d.    Membayar biaya lima ratus ribu.
e.    Pengambilan foto dan sidik jari
D
Telitilah dalam mencermati langkah yang harus dilakukan dalam perpanjangan SIM.
Explanation
Langkah yang tidak sesuai berdasarkan informasi pada dialog drama di atas adalah membayar biaya sebesar lima ratus ribu karena biaya ini dibutuhkan untuk pembuatan SIM baru dan bukan untuk perpanjangan. Biaya yang tepat dalam perpanjangan SIM adalah 150 ribu.

19.    Berikut adalah pernyataan yang tepat terkait langkah mengubah teks prosedur kompleks menjadi bentuk drama , kecuali….
a.    Menyiapkan tokoh-tokoh yang akan berperan dalam drama berdasarkan jumlah partisipan.
b.    Menyusun dialog secara sistematis berdasarkan sifat teks prosedur kompleks.
c.    Mengemas kalimat dialog agar bernuansa satire dan menghibur.
d.    Menentukan latar yang sesuai dengan tema dan tujuan teks prosedur kompleks.
e.    Menciptakan lakuan-lakuan yang disesuaikan dengan langkah-langkah pada teks prosedur kompleks.
C
Untuk menjawab soal di atas, pahami kembali sifat-sifat pada drama, termasuk unsur yang wajib muncul di dalamnya.
Explanation
Untuk menciptakan drama berdasarkan teks prosedur kompleks, hal pertama yang kita perlukan adalah tokoh yang akan kita sesuaikan dengan partisipan pada prosedur kompleks. Hal kedua adalah menciptakan dialog yang sistematis. Kemudian, kita buat lakuan yang kita ambil berdasarkan langkah di dalam teks prosedur kompleks. Terakhir, ciptakan latar yang sesuai. Kalimat yang bernuansa satire dan menghibur tidak perlu kita buat karena ini adalah sifat khas dari teks anekdot.

20.    Dalam mengabstraksi teks prosedur kompleks, hal yang harus tetap dipertahankan adalah….
a.    Mempertahankan bahasa yang digunakan
b.    Mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan
c.    Mempertahankan bagian-bagian teks prosedur
d.    Mempertahankan judul teks
e.    Mempertahankan efektivitas bahasa teks
B
Untuk menjawab soal seperti ini, ingatlah bahwa mengabstraksi seperti halnya merangkum.
Explanation
Mengabstraksi bisa dikatakan juga sebagai merangkum teks. Dalam mengabstraksi, hal yang tetap harus dipertahankan adalah bagian-bagian dari teks itu sendiri serta kekhasannya. Dalam hal ini, hal harus dipertahankan antara lain struktur isi dan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks.

21.    Hal yang tidak termasuk ke dalam kaidah teks negosiasi adalah….
a.    Melibatkan dua pihak/lebih
b.    Berbeda kepentingan
c.    Adanya tawar-menawar
d.    Perlunya strategi
e.    Selalu berakhir dengan kesepakatan
E
Ingat kembali aturan dalam menjalankan negosiasi.
Explanation
Negosiasi dilakukan ketika kedua belah pihak memiliki perbedaan keinginan. Negosiasi dapat berupa tawar-menawar sehingga diperlukan adanya strategi. Akan tetapi, negosiasi tidak selalu dapat diakhiri dengan suatu kesepakatan. Ia bisa saja mengalami kegagalan. Setiap orang tidak bisa memaksakan kehendak karena negosiasi bertumpu pada kebersamaan dan saling pengertian.

22.    Berikut ini adalah bagian dari struktur teks negosiasi jual beli, kecuali….
a.    orientasi
b.    penawaran
c.    permintaan
d.    perintah
e.    persetujuan
D
Negosiasi dilandasi atas kepentingan dua belah pihak.
Explanation
Keadaan yang saling menguntungkan adalah hasil yang ingin diciptakan dalam bernegosiasi. Ia membutuhkan orientasi, permintaan, penawaran, dan baru kemudian persetujuan. Dalam hal ini, perintah tidak cocok dimasukkan ke dalam struktur teks negosiasi karena sifatnya yang memaksa dan hanya terfokus pada satu kepentingan. Bentuk yang lebih cocok seharusnya persuasif karena bersifat mengajak atau membujuk.

23.    Perhatikan langkah-langkah berikut ini.
(1) permintaan
(2) persetujuan
(3) penawaran
(4) orientasi
(5) pembelian
(6) pemenuhan
(7) penutup
Susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah.…
a.    4-2-1-3-4-5-6-7
b.    4-1-2-4-3-5-6-7
c.    4-1-6-3-2-5-7
d.    4-1-6-2-3-7-5
e.    4-1-6-2-3-5-7
C
Ingatlah proses tawar-menawar dalam jual beli. Lihatlah tiga bagian terakhir untuk memudahkan kalian mencari jawaban.
Explanation
Proses terjadinya negosiasi dalam jual beli harus berurutan. Proses ini dimulai dari (4) orientasi/pembukaan, dilanjutkan dengan (1) permintaan (poin ini disampaikan oleh calon pembeli), (6) pemenuhan (ada atau tidaknya barang yang disampaikan oleh penjual) (3) penawaran (calon penjual merasa keberatan), (2) persetujuan (penjual sepakat dengan penawaran calon pembeli) , (5) pembelian, dan terakhir adalah (7) penutup.

24.    Tujuan bernegosiasi adalah sesuatu yang ingin dicapai. Hal yang dimaksud adalah.…
a.    Mendapatkan pelajaran dari satu pihak
b.    Mendapatkan keuntungan tersendiri
c.    Meraih penghargaan
d.    Membela kepentingan orang lain
e.    Mendapatkan kesepakatan bersama
E
Negosiasi dilakukan untuk menghindari sebuah kerugian salah satu pihak.
Explanation
Tujuan dilakukannya negosiasi adalah untuk menyelesaikan konflik antara kedua belah pihak akibat adanya perbedaan kepentingan. Oleh karena itu, kondisi final yang dicari adalah keuntungan yang didapatkan oleh kedua belah pihak atas dasar kesepakatan bersama.
25.    Dalam bernegosiasi, konflik akan muncul. Hal ini biasa terjadi pada bagian….
a.    orientasi
b.    pembelian
c.    penawaran
d.    persetujuan
e.    pemenuhan
C

26.    Secara umum, struktur negosiasi dapat berupa….
a.    Pernyataan umum, aspek yang digolongkan
b.    Pembuka, isi, penutup
c.    Orientasi, komplikasi, Reorientasi, koda
d.    Babak, adegan, prolog, dialog, epilog
e.    Tesis, argumentasi, penegasan ulang
B
Pahami dan jangan lupakan struktur teks lain yang pernah kita bahas sebelumnya!
Explanation
Negosiasi yang dilaksanakan karena munculnya konflik dapat berupa bentuk yang cukup sederhana, yaitu terdiri atas pembukaisipenutup. Ini adalah bentuk yang umum terjadi dalam negosiasi. Jawaban adalah Pembukaisipenutup

27.    Berikut ini yang merupakan contoh negosiasi adalah….
a.    Tanya-jawab saat ceramah
b.    Seminar
c.    Debat capres
d.    Lobi antarfraksi saat sidang istimewa di DPR
e.    Dialog interaktif
D
Bentuk negosiasi harus mengandung tawar-menawar kepentingan.
Explanation
Satu syarat munculnya negosiasi adalah adanya perbedaan kepentingan. Hal ini memberikan makna bahwa negosiasi itu adalah tindakan tawar-menawar yang memerlukan adanya strategi dalam membujuk, memberikan alasan yang kuat, dan disertai oleh bahasa yang santun agar tercipta jalan tengah yang mengakomodasi perbedaan kepentingan tersebut. Berdasarkan pemahaman ini, opsi D adalah bentuk negosiasi yang tepat. Dalam sidang istimewa DPR, perbedaan kepentingan antarfraksi sudah pasti akan muncul. Sebelum melakukan putusan, ketua DPR biasanya memberikan waktu bagi setiap fraksi untuk melakukan lobi (tawar-menawar) dengan fraksi yang berbeda pandangan.

28.    “ 60 ribu kemahalan, Bang. 45 ribu saja ya? Saya beli dua baju, Bang.”
Dalam jual-beli, kalimat di atas termasuk ke dalam struktur….
a.    Permintaan
b.    Penawaran
c.    Pemenuhan
d.    Pembelian
e.    Persetujuan
B
Termasuk ke tahap apa usul pengajuan penurunan harga disampaikan?
Explanation
Kalimat pada soal di atas termasuk ke dalam struktur penawaran. Hal ini terlihat dalam bentuk pengajuan usul penurunan harga.
Dalam jual beli, kadang kala, syarat pemenuhan barang, dalam hal ini harga, terlampau tinggi. Jika kondisi seperti ini kita temukan, kita bisa melakukan bentuk penawaran untuk meringankan syarat tadi. Bentuk penawaran yang kita berikan bisa disertai dengan argumen/alasan agar pihak penjual mau menerima penawaran kita.

29.    Perhatikan teks negosiasi di bawah ini!
(Irwan selaku ketua OSIS menghadap kepala sekolah untuk menyerahkan proposal kegiatan latihan dasar kepemimpinan)
(1)    Irwan : Selamat siang, Pak.
(2)    Kepsek : Siang, masuk Wan! Ada apa, Wan?
(3)    Irwan : Ini Pak, ada proposal acara LDK untuk bulan depan.
(4)    Kepsek : Coba Bapak lihat! (sambil membolak-balik halaman proposal)
Ini acara puncaknya di luar sekolah, Wan?
(5)    Irwan : Iya, Pak. Rencana mau kami adakan di Kandang Badak, Gunung
Pangrango, Cibodas.
(6)    Kepsek : Kalau untuk ini, mohon maaf, Bapak tidak bisa izinkan. Risikonya terlalu besar

untuk dilaksanakan di luar sekolah, apalagi di gunung. Bagaimana kalau acaranya di sekolah saja. Biaya sedikit dan tanggung jawabnya tidak terlalu berat.
(7)    Irwan : Kami sudah memikirkan soal risiko itu, Pak. Pak Cuntawan sebagai pembina
sudah sepakat. Kandang Badak tidak terlalu tinggi. Kami pun akan mengikutsertakan para alumni. Soal biaya 50 % ditanggung alumni, tetapi dengan syarat acara outbond diadakan di luar.
(8)    Kepsek : Begitu ya? Baiklah, nanti akan Bapak pertimbangkan.
(9)    Irwan : Terima kasih, Pak.
Proses tawar-menawar antara Irwan dan kepala sekolah terjadi pada nomor….
a.    1,2,3,4
b.    5,6,7,8
c.    7,8,9,10
d.    3,4,5,6
e.    2,3,4,5
B
Proses tawar-menawar ada pada bagian isi teks negosiasi. Carilah bagian yang menunjukkan isi!
Explanation
Teks negosiasi bukan bagian dari jual beli sehingga bagian teks tersebut hanya terdiri atas tiga bagian: pembukaisipenutup. Bagian pembuka atau orientasi muncul pada nomor 1 – 4. Bagian isi ada pada nomor 5 – 8. Bagian penutup muncul pada nomor 9 dan 10. Proses tawar-menawar ada pada bagian isi.

30.    Perhatikan kutipan dialog berikut!
Pramuniaga : Sebentar, Kak, saya cek dulu barangnya. Ada Kak. Telepon merek Sambung Galaksih warna transparan. Harga lima juta, gratis micro sd 8 GB, pelapis anticakar, dan garansi toko seumur hidup.
Calon pembeli : Wah, itu kemahalan, Mbak. Ini kan tipe lama. Harga pasarannya empat juta. Empat juta saja ya…
Pasangan tuturan yang tepat berdasarkan kutipan teks negosiasi di atas adalah….
a.    Mengucapkan salam – membalas salam
b.    Bertanya – menjawab /tidak menjawab
c.    Meminta tolong – memenuhi/menolak permintaan
d.    Menawarkan – menerima/menolak tawaran
e.    Mengusulkan – menerima/menolak usulan.
D
Pahamilah maksud isi dialog di atas, apakah mengucapkan salam, bertanya, meminta tolong, menawarkan, atau mengusulkan.
Explanation
Pasangan tuturan yang tepat yang muncul pada kutipan dialog di atas adalah pramuniaga menawarkan barang yang diminta oleh calon pembeli disertai dengan harga dan hal-hal yang didapatkan pembeli. Kemudian, calon pembeli menolak tawaran tersebut dengan mengatakan bahwa harga yang ditawarkan terlalu mahal.

31.    Di dalam teks negosiasi, bahasa yang digunakan untuk mengajak pihak lain agar mau memenuhi permintaan kita adalah .…
a.    imperatif
b.    interogatif
c.    informatif
d.    persuasif
e.    deklaratif
D
Pahami lebih mudah dengan mengetahui bentukan asal kata yang dimaksud. Apa bahasa inggrisnya mengajak?
Explanation
Bahasa yang digunakan untuk mengajak pihak lain agar mengikuti dan memenuhi permintaan kita disebut juga dengan persuasi (persuasif). Persuasif adalah bagian dari jenis komunikasi yang dilakukan dengan etika dan ditujukan untuk memengaruhi dan mengubah sikap dan perilaku seseorang agar bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator.

32.    “Di tempat lain harganya bisa lebih mahal, Pak. Ini sudah paling murah jadi Bapak tidak akan rugi beli di sini.”
Bentuk di atas dalam negosiasi disebut kalimat .…
a.    interogatif
b.    eksklamatif
c.    persuasif
d.    deklaratif
e.    imperatif
D
Perhatikan pilihan kata yang digunakan di dalam teks tersebut karena ciri kalimat dapat dilihat dari penggunaan kata!
Explanation
Jika kita analisis pemilihan kata dalam teks di atas, akan terlihat kata-kata yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pihak komunikan agar mau melakukan tindakan sesuai dengan apa yang diinginkan pihak komunikator, yaitu Bapak tidak akan rugi beli di sini. Kata-kata bujukan pun disertai dengan kata-kata yang kembali menguatkan ajakan tersebut, yaitu ini sudah paling murah, di tempat lain bisa lebih mahal. Dengan demikian, dapat kita pastikan bahwa teks di atas berbentuk persuasif.

33.    Cara yang baik untuk mengemukakan argumentasi agar pihak lain merasa yakin adalah dengan cara ….
a.    Menggunakan istilah-istilah ilmiah
b.    Santun dalam mengemukakan pendapat
c.    Bersikap arogan
d.    Melakukan ancaman
e.    Menyanjung secara berlebihan
B
Ingat kembali salah satu ciri kebahasaan teks negosiasi!
Explanation
Argumentasi harus dilakukan dengan cara yang santun dan alasan yang masuk akal agar orang percaya dan mau mengikuti kehendak kita. Santun berarti tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain. Sanjungan pun selama tidak berlebihan dapat juga dikatakan sebagai bahasa yang santun.

34.    Berikut ini yang termasuk kalimat yang santun dalam bernegosiasi adalah .…
a.    Bapak harus turuti permintaan kami atau kami akan melakukan mogok kerja mulai sekarang.
b.    Kami mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi kami.
c.    Kami sudah lelah bekerja seperti ini. Gaji yang Anda berikan jauh dari kata layak.
d.    Hanya bapak yang dapat hidup enak, sedangkan kami, para buruh, hidup serba kekurangan.
e.    Seharusnya Anda paham bahwa gaji yang Anda berikan belum sesuai dengan UMR.
B
Perhatikan pilihan kata pada setiap kalimat!
Explanation
Kalimat yang santun memiliki ciri penggunaan kata-kata yang bersifat merendah, tidak memerintah, dan juga menghadirkan kata-kata bernada positif (amelioratif). Kami mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi kami. Itu adalah kalimat yang tepat sebagai bentuk kalimat yang santun karena menggunakan kata mohon untuk menunjukkan kerendahhatian, begitu pula dengan kata sudi mempertimbangkan.

35.    Berikut ini yang termasuk contoh kalimat deklaratif adalah .…
a.    Sebaiknya Anda periksa dahulu barangnya.
b.    Berapa harga yang Anda tawarkan untuk barang ini?
c.    Ini harganya sudah murah. Stok terbatas. Beli sekarang sebelum kehabisan.
d.    HP ini keluaran terbaru dengan sistem androsid kitkat dan dilengkapi prosesor octa core.
e.    Luar biasa, belanja di toko bagas.com barang cepat sampai!
D
Cari pilihan kata yang bersifat menerangkan karena itu adalah ciri kalimat deklaratif!
Explanation
Kalimat deklaratif adalah kalimat yang memberitakan sesuatu kepada komunikan. Isi deklaratif dapat berupa sebuah berita atau pernyataan tanpa mengharapkan feedback dari komunikan. Sebaiknya, Anda periksa dahulu barangnya.Kalimat tersebut berbentuk imperatif yang disuguhi saran.
Berapa harga yang Anda tawarkan untuk barang ini? Kalimat tersebut berupa kalimat interogatif.
Ini harganya sudah murah. Stok terbatas. Beli sekarang sebelum kehabisan. Kalimat tersebut termasuk persuasif.
HP ini keluaran terbaru dengan sistem androsid kitkat dan dilengkapi prosesor octa core. Kalimat tersebut termasuk kalimat deklaratif.
Luar biasa, belanja di toko bagas.com barang cepat sampai! Kalimat tersebut termasuk kalimat eksklamatif.

36.    Perhatikan teks negosiasi berikut!
1. Pengembang : Bagaimana, Pak? Tertarik dengan tawaran kami yang kemarin? Tanah Bapak kami beli seharga 3 juta per meternya.
2. Pemilik tanah : Tidak tertarik, kecuali jika Anda berani menaikkan harga jualnya menjadi lima juta per meter.
3. Pengembang : Kami sudah taksir nilai investasi tanah Bapak. Lima juta itu diluar prospek kami. Baiklah, saya berani tawarkan 3,5 juta per meter. Ini sudah cukup tinggi mengingat warga yang lain melepas tanahnya hanya dengan harga 2,5 juta per meter.
4. Pemilik tanah : Lima juta dan kita deal.
5. Pengembang : Keputusan ada di tangan Bapak. Kami hanya menyarankan untuk secepatnya menerima tawaran kami, kecuali Bapak ingin nilai investasi tanah Bapak turun menjadi dua juta per meter. 3.5 juta atau kami tidak jadi membeli tanah Bapak.
Kalimat argumentasi pada teks negosiasi di atas ditunjukkan oleh nomor….
a.    1 dan 2
b.    2 dan 5
c.    3 dan 5
d.    1 dan 4
e.    3 dan 4
C
Untuk melihat teks mana yang berupa argumentasi, lihat isi teks yang berisi alasan dan pembuktian.
Explanation
Kalimat argumentasi adalah kalimat yang digunakan untuk menyampaikan alasan dan pemberian bukti untuk meyakinkan pihak lain. Dalam teks di atas, kalimat argumentasi muncul pada No. 3 dan 5. Pada kalimat No. 3 dan 5 terdapat alasan-alasan untuk meyakinkan pemilik tanah (komunikan) agar mau melepas tanahnya.

37.    Bahasa pertanyaan yang sering muncul dalam teks negosiasi disebut .…
a.    deklaratif
b.    interogatif
c.    persuasif
d.    argumentatif
e.    imperatif
B

38.    Ciri kebahasaan yang muncul pada kalimat interogatif adalah adanya penggunaan .…
a.    verba tingkah laku
b.    konjungsi temporal
c.    verba material
d.    pronomina
e.    interjeksi
D
Untuk memahami ciri kebahasaan kalimat interogatif, kalian harus ingat kata-kata yang dipakai dalam kalimat tanya.
Explanation
Ciri kebahasaan yang muncul pada kalimat interogatif adalah pronomina. Pronomina atau kata ganti yang memiliki tiga jenis, yaitu kata ganti orang, kata ganti tanya, dan kata ganti tunjuk. Contoh kata ganti tanya adalah apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, mengapa, berapa. Kata-kata inilah yang digunakan untuk membentuk kalimat interogatif.

39.    Jika kalian melakukan negosiasi jual beli, kalimat yang tepat dan santun untuk digunakan dalam penawaran adalah .…
a.    Wah, mahal, turunin lah harganya!
b.    Mungkin kalau bisa, harganya diturunkan lagi Pak, boleh?
c.    Apa? Mahal sekali? Anda merampok saya. Turunin ya!
d.    Toko sebelah lebih murah. Kalau tidak diturunkan, lebih baik saya membeli di sebelah saja.
e.    Kemahalan, Pak. Turunin harganya ya? ya! ya!
B

40.    Salah satu bentuk konjungsi pengandaian adalah, kecuali .…
a.    jika
b.    kalau
c.    karena
d.    andai
e.    bila
C
Carilah satu kata yang tidak memiliki makna pengandaian atau persyaratan!
Explanation
Konjungsi pengandaian adalah konjungsi antarklausa yang digunakan untuk memberikan makna pengandaian atau persyaratan. Ada banyak jenis konjungsi pengandaian, yaitu jika, kalau, jikalau, bila, apabila, bilamana, andai, seandainya, andaikan, andaikata. Oleh karena itu, kata yang tidak termasuk ke dalam bentuk konjungsi pengandaian adalah karena. Kata karena termasuk ke dalam konjungsi penanda sebab.

41.    Pada hari Senin ada seorang pemuda menemui bagian personalia di perusahaan percetakan.
Yos : "Selamat Pagi. Saya calon pegawai yang kemarin dipanggil untuk menjalani tes wawancara
sebagai kepala gudang Pak. Begini Pak, kebetulan pada hari Rabu saya menghadiri upacara
pernikahan adik saya. bolehkah tes wawancaranya saya lakukan besok?”
Pegawai: "Kalau tidak bisa besok berarti Bapak gugur sebagai calon pegawai di sini?”
Yos : "Jangan Pak, sebagai kompensasi Saya boleh ditempatkan di bagian mana saja asalkan saya
tetap diterima di sini pak.”
Pegawai: " Baiklah akan saya catat di sini.”
Yos : "Baik. Terima kasih atas kebaikannya Pak. Saya Permisi dulu.”
Mereka berdua berjabat tangan dan Yos berpamitan.
Hal yang dilakukan Yos sehingga dia dapat terus mengikuti seleksi calon pegawai padahal dia tidak bisa mengikuti seleksi tes wawancara pada hari Rabu adalah....
a.    Yos mengikuti tes wawancara pada hari Selasa.
b.    Yos meminta ijin tidak mengikuti tes wawancara pada pegawai di perusahaan percetaakan.
c.    Yos membuat negosiasi bersedia ditempatkan di bagian mana saja dengan bagian personalian perusahaan.
d.    Yos menjadi wakil keluarga pada pernikahan adiknya.
e.    Yos memiliki jiwa kepribadian yang santun dan disiplin.
C

42.    Cetta : “Zra kemarin aku kan pesan power bank di Manda kamu tahu kan?”
Azra : “Ya, memangnya kenapa Cett? Apa barangnya rusak?”
Cetta : “Ternyata ayahku memberi aku hadiah power bank juga karena ulangan bahasa Indonesiaku dapat 100. Aku bingung nih kan mubazir punya 2. Kamu mau beli satu tidak?”
Azra : “Waduhh aku lagi gak punya uang nih Cett.”
Cetta : “Gimana kalau kamu bayar dua kali Zhra, asalkan kamu mau beli hehehe.”
Azra : “Oke deh. Wah kalau sudah kena rayuanmu Aku pansti nyerah deh.”
Cetta : “Terima kasih ya sahabatku tercinta.”
Menurut informasi pada teks di atas penyebab Cetta menjual power bank ke sahabatnya karena ....
a.    Cetta dibelikan power bank ayahnya padahal dia juga memesan di Manda.
b.    Azra menyetujui untuk melakukan dua kali pembayaran.
c.    Cetta dan Azra bersahabat.
d.    Harga power bank di Manda lebih murah.
e.    Cetta takut dimarahi ayahnya.
A
Mencari penyebab permasalahan berarti mencari topik permasalahan yang ada dalam teks.
Explanation
Penyebab permasalahan pada teks negosiasi di atas dapat kalian cari pada bagian pertama teks yaitu Cetta dibelikan power bank ayahnya padahal dia juga memesan di Manda. Permasalahan ini akhirnya menimbulkan kalimat argumentasi negosiasi antara Cetta menjual power bank yang dibeli di Manda. Manda awalnya tidak mau karena tidak punya uang akhirnya Cetta bernegosiasi untuk membayar dua kali angsuran. Hasil negosiasi tersebut akhirnya berupa persetujuan Manda untuk membeli power bank Cetta.

43.    Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X MIA 2
Bapak guru : “Pagi anak-anak! Silakan dikumpulkan tugas projek pembuatan naskah drama yang bapak berikan satu bulan yang lalu.”
(Semua anak maju kecuali Ani)
Ani : “Pak, mohon maaf tugas saya tertinggal. Padahal tadi sudah saya siapkan karena terburu-buru berangkat saya lupa memasukkannya ke dalam tas, Pak.”
Bapak guru : “Kan saya sudah bilang to, siapa saja yang tidak mengumpulkan pada hari ini dengan alasan apapun nilainya 0.”
Ani : “Pada hari ini kan, Pak? Jadi, kalau saya kumpulkan nanti siang boleh, Pak? Saya izin telp Mamah saya untuk mengantarkan ke sekolah, setelah itu saya langsung memberikan ke Bapak. Bagaimana, Pak?”
Bapak guru : “Baiklah kalau begitu Ani. Bapak tunggu sebelum pukul 12.00 WIB,ya.”
Ani : “Baik, Pak terima kasih atas kemurahan hati Pak Ari.”
Kalimat simpulan dari teks negosiasi di atas ialah ....
a.    Tugas projek naskah drama Ani tertinggal di rumah.
b.    Bapak guru memberi nilai 0 bagi siswa yang tidak mengumpulkan tugas projek hari ini.
c.    Ani meminta mamanya untuk mengantarkan tugas projek ke sekolah.
d.    Ani akan memberikan tugas projek pak Ari sebelum pukul 12.00.
e.    Ani meminta izin untuk menghubungi mamanya.
D

44.    Latar tempat parkiran mall. Seorang gadis akan memarkirkan sepeda motornya.
Tukang parkir : “Permisi Mbak , boleh saya lihat STNK-nya?
Gadis : “Astaga, saya lupa membawa Pak, ada di tas saya satunya.”
Tukang parkir : “Mohon maaf Mbak, Anda tidak bisa parkir di sini karena tidak membawa STNK.”
Gadis : “Tolonglah Pak, adik saya sedang mengikuti lomba menyanyi di dalam!”
Tukang parkir : “Sebaiknya Anda parkir saja di luar Mbak.”
Gadis : “Begini deh Pak, ini KTP saya sebagai jaminan dan saya bersedia membayar denda dua kali lipat asalkan saya bisa parkir di sini.”
Tukang parkir : “Baiklah mari ikut saya ke kantor .”
Gadis : “Iya pak, terima kasih atas bantuannya.”
Menurut informasi di atas, syarat negosiasi yang harus dipenuhi gadis itu untuk dapat memarkirkan sepeda motornya adalah ....
a.    Membayar denda dua kali lipat.
b.    Memberikan KTP sebagai jaminan.
c.    Memberikan KTP sebagai jaminan dan membayar denda dua kali lipat.
d.    Menandatangani surat denda.
e.    Memarkir sepeda motor di luar mall.
C
Syarat negosiasi sama dengan mencari kalimat argumentasi yang dibuat. Biasanya terletak pada bagian kedua teks yaitu bagian isi negosiasi.
Explanation
Bagian pertama berisi topik permasalahan yaitu seorang gadis lupa membawa STNK sepeda motor, padahal syarat untuk bisa parkir adalah membawa STNK. Bagian kedua berisi kalimat negosiasi gadis itu menjaminkan KTP-nya dan membayar denda dua kali lipat sebagai kompensasi dia lupa tidak membawa STNK Bagian ketiga berisi simpulanmembayar denda di posko satpam dan memberikan KTP-nya sebagai jaminan.
Berdasarkan analisis soal maka ada dua syarat negosiasi yang harus dipenuhi yaitu menjaminkan KTP-nya dan membayar denda dua kali lipat.

45.    Dialog terjadi di ruang kelas SMA Maju Sekali ketika pergantian jam pelajaran.
Paijo : “Liburan semesteran besok enaknya kita pergi ke mana ya, Nah?”
Painah : “Bagaimana kalau kita pergi ke Taman Pintar, Jo?”
Paijo : “Iya aku juga setuju karena aku juga belum pernah ke sana.”
Painah : “Baiklah kalau begitu mulai besok kita mulai menabung ya supaya pasokan uang saku kita berlimpah untuk liburan”
Paijo : “Siip lah. Stttt pak guru sudah datang.”
Paijo dan Painah segera menyiapkan buku pelajaran dan memulai belajar.
Kutipan teks di atas bukan termasuk teks negosiasi melainkan teks diskusi karena ....
a.    Tidak terdapat topik permasalahan yang dibahas.
b.    Tidak terdapat kalimat negosiasi.
c.    Tidak terdapat kalimat simpulan.
d.    Tidak terdapat kalimat argumentasi.
e.    Tidak terdapat pernyataan sebab dan akibat.
B









TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: latihan soal bahasa indonesia kelas 10 beserta pembahasan
Ditulis oleh wew
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kumpulansoalbahasa.blogspot.co.id/2015/10/latihan-soal-bahasa-indonesia-kelas-10.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Unknown said...

syukron :)

Post a Comment

trikmudahseo support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of soal bahasa indonesia.